beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

4 Cara Melacak HP Kamu yang Hilang

Nivita Saldyni,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Melacak HP Kamu yang Hilang
Image: Ilustrasi smartphone hilang. (Pixabay)

Jakarta - Smartphone atau handphone (HP) hilang memang tak jarang terjadi dan banyak penyebabnya. Mulai dari keteledoran sendiri ada ada tangan-tangan usil yang mencurinya. Banyak hal yang bisa membuat kita kehilangan smartphone.

Tapi ingat, jangan panik dan tetaplah tenang saat kamu kehilangan smartphone. Sebab kamu masih bisa berusaha mencarinya dengan melacak keberadaan smartphonemu.

Nah, Urbanasia sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan merekomendasikan empat cara melacak smartphone yang hilang berikut ini:

1. Gunakan email pada akun Google yang terhubung dengan smartphone

1612417466-ilustrasi-akun-google.jpgSumber: Ilustrasi akun Google. (Freepik_jannoon028)

Mengecek email pada akun Google yang terpasang di smartphone bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu coba. Sebab, setiap smartphone bakal terhubung dengan email pemiliknya. Dengan cara ini, kamu bisa mengamankan akun Google sekaligus mengunci smartphone.

Berikut cara melacak smartphone dengan email:

1. Buka browser di perangkat lain dan login ke akun gmail terlebih dulu. Pastikan email ini adalah email yang terhubung dengan smartphone yang hilang.
2. Pastikan password yang kamu masukkan sudah benar.
3. Setelah itu, cari menu Google Apps di kanan atas dan pilih "Temukan Ponsel Anda". Kemudian pilih perangkat yang hilang pada daftar perangkat yang terhubung dengan email.
4. Setelah itu, masukkan lagi kata sandi dan email yang terhubung di smartphone yang hilang. 
5. Pilih opsi "Temukan" untuk memunculkan peta yang mengarahkan di mana posisi terakhir smartphone itu.

2. Gunakan fitur 'Find My Device'

Tahukah kamu kalau semua smartphone telah dilengkapi dengan fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya? Yap, fitur ini tersedia di smartphone dengan sistem operasi iOS maupun Android. Fitur ini memungkinkan kamu menghapus semua data sampai mengunci perangkat dari jarak jauh.

Nah, begini nih cara untuk menggunakan fitur Find My Device:

1. Pastikan smartphone yang hilang dalam kondisi aktif. 
2. Pastikan juga ia terhubung ke akun Google, lokasi, dan koneksi internet.
3. Pastikan, fitur Find My Device di smartphone telah diaktifkan. Kalau belum, sekarang pergi ke menu pengaturan, lalu pilih menu keamanan dan aktifkan fitur ini.
4. Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, artinya kamu bisa mengakses fitur ini di handphone atau perangkat lain.
5. Gunakan perangkat lain untuk membuka Google Find My Device pada browser, kemudian login dengan akun Google yang telah terhubung di smartphone yang hilang.
6. Setelah itu kamu akan ditunjukkan lokasi terakhir smartphonemu menggunakan peta. Kamu juga bakal diberikan beberapa pilihan, mulai dari bunyikan perangkat, kunci, atau hapus data yang tersimpan.
7. Pilih sesuai kebutuhan, misal kamu menduga hilang di rumah maka coba pilih bunyikan perangkat. Tapi kalau hilang di luar atau di jalan, pilih kunci dan kirim pesan. Atau bisa juga hapus semua data jika memang smartphone kamu dicuri.

3. Lacak dengan Google Maps

1612417379-google-maps.JPGSumber: Aplikasi Google Maps. (Ilustrasi/Pixabay)

Cara satu ini juga bisa kamu coba guys. Sebab Google Maps biasanya bakal merekam tempat-tempat mana saja yang kamu kunjungi selama smartphone terhubung dengan internet.

Berikut, cara melacak ponsel yang hilang menggunakan Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps dengan perangkat lain.
2. Pilih menu pengaturan, kemudian pilih Bagi Lokasi dan Mulai yang ada di pojok kiri atas.
3. Kamu bakal diberikan pilihan waktu pelacakan. Kamu bisa memilih dengan waktu satu jam, atau bisa juga 'hingga dinonaktifkan' agar bisa terus melacaknya sampai ketemu. 
4. Pilih pengguna, lalu isi alamat email dan nomor ponsel yang ingin dilacak.
5. Lalu Bagikan dan Aktifkan. Udah deh, smartphone yang hilang akan langsung terlacak.

4. Pengguna Android, Coba Akses ADM

Pengguna Android bisa loh melacak smartphone yang hilang dengan Android Device Manager (ADM). ADM adalah aplikasi yang fungsinya melacak keberadaan Android device dengan mengaktifkan GPS di smartphone tujuan.

Berikut cara mengakses aplikasi ADM:

1. Gunakan perangkat lain untuk login ke aplikasi ADM. Jangan lupa, gunakan akun Google yang terhubung dengan smartphone yang hilang ya.
2. Masukkan email dan password
3. Nama smartphone yang terkoneksi dengan alamat email tadi akan muncul di layar. 
4. Kemudian informasi keberadaan smartphone itu akan muncul. Catat alamat tersebut untuk mencari keberadaannya.
5. Ingat! Informasi tersebut tidak akan muncul kalau ponsel yang hilang dalam keadaan mati.

Nah itu dia guys, empat cara melacak smartphone yang hilang. Namun perlu diingat bahwa keempat cara ini bisa dilakukan saat smartphone kamu dalam keadaan hidup dan terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, kamu juga harus ingat alamat email dan kata sandi yang terhubung di smartphone itu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait