Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai

Elga Nurmutia,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Diwaspadai
Image: Kolesterol (ilustrasi: 123RF)

Jakarta - Kolesterol tinggi ini biasanya terjadi dikarenakan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, misalnya gorengan dengan kandungan lemak jenuh didalamnya. Bukan hanya itu, obesitas dan juga kurang olahraga juga dapat memicu kenaikan kolesterol yang memiliki risiko serangan jantung atau stroke.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja secara berkelanjutan, maka bisa mengakibatkan pembuluh darah pecah dan menyebabkan stroke. Walau nggak terlihat secara kasat mata, tapi ada sejumlah gejala yang khas akibat tingginya kolesterol. 

Kali ini, Urbanasia akan membagikan 4 gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai dari berbagai sumber, sebagai berikut.

1. Mudah Lelah

1635593799-lelah-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi Mudah Lelah (Freepik/Jcomp)

Bagi yang mengalami gangguan kolesterol tinggi, tubuhnya jadi mudah lelah. Kondisi tersebut merupakan salah satu gejala yang mungkin dapat dialami oleh mereka yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Rupanya, yang menjadi masalah utamanya, yaitu saat tubuh sebenarnya tidak dapat aliran darah dengan kadar oksigen secara cukup.

2. Nyeri Pada Tangan dan juga Kaki 

Ketika ada penumpukan dalam kolesterol bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh di darah kaki maupun tangan. Penumpukan kolesterol ini dapat terjadi terus menerus dan juga menimbulkan rasa nyeri pada tangan dan kaki.

3. Kerap Kali Kesemutan 

1635594278-nyeri-tangan.jpgSumber: ilustrasi tangan (Freepik/valuavitaly)

Gangguan yang terjadi pada aliran darah ke bagian tubuh tertentu menjadikan adanya sensasi kesemutan pada tangan dan kaki. Selain itu, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah membuat aliran darah mengental dan memberikan pengaruh pada aliran normal darah pada saraf sehingga menyebabkan kesemutan. 

4. Nyeri Dada di Sisi Kiri Nyeri 

Dada terutama yang berada di sisi kiri memberikan tanda adanya penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di sekitar jantung dan menimbulkan nyeri. Bahkan, terkadang rasa sakit tersebut dapat menyebar sampai ke bagian leher. Tingginya kadar kolesterol pada darah dapat mengakibatkan nyeri dada serta menjadi tanda adanya serangan jantung.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait