Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Pekerja Freelance

Gagas Yoga Pratomo,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menjadi Pekerja Freelance
Image: Ilustrasi Bekerja (Pixabay/StartupStockPhotos)

Jakarta - Pekerjaan lepas atau Freelance saat ini menjadi pilihan yang cukup digemari banyak orang. Pasalnya, banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan menjadi seorang pekerja lepas (freelancer). 

Hal itu mulai dari waktu serta tempat kerja yang sangat fleksibel, hingga menjadi bos dari diri sendiri sebagai seorang freelancer.

Meskipun begitu, freelancer bukan pekerjaan yang bisa dilakukan sembarangan, melainkan ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulainya.

Berikut 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjadi freelancer, yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber. 

1. Kemampuan dan kesiapan diri dalam manajemen waktu

Sebagai Freelancer, kamu akan menemukan alur kerja yang berbeda dari bekerja di sebuah perusahaan, salah satunya dalam aspek jam bekerja.

Sebelum menjadi Freelancer, kamu harus memepertimbangkan kesiapan dan kemampuan diri dalam mengatur waktu. Pasalnya, freelancer harus siap bekerja kapanpun sesuai keinginan dan deadline dari klien. 

Maka dari itu, manajemen waktu yang baik perlu menjadi pertimbangan kamu sebelum memulai karir sebagai seorang Freelancer.

2. Jumlah penghasilan

Saat bekerja di sebuah perusahaan, umumnya kamu akan dibayar dengan nominal yang sama setiap bulannya. Namun, sebagai seorang Freelance hal itu mungkin tidak akan terjadi. 

Freelancer akan mendapat penghasilan atau gaji dari sebuah project yang diminta oleh klien. Semakin banyak klien, maka semakin banyak juga penghasilan yang akan diterima. 

Sebaliknya, semakin sedikit klien, semakin sedikit juga penghasilan yang diperoleh. Jadi, kamu harus siap menerima penghasilan kecil jika tidak ada klien yang menggunakan jasa mu. 

3. Cara memperoleh klien

Karena penghasilan freelancer bergantung pada banyaknya klien, maka mau tidak mau kamu harus punya cara bagaimana memperoleh klien. 

Kamu bisa mempromosikan jasa mu melalui media sosial atau platform khusus untuk para freelancer untuk memperoleh klien. 

Dengan kamu mempertimbangkan hal ini sejak awal, kemungkinan besar kamu akan tetap mendapatkan klien setiap bulannya meskipun sedikit.

4. Relasi untuk rekan kerja

Ada kalanya sebagai freelancer, kamu akan menerima banyak klien sehingga membuat kamu kewalahan dalam mengerjakannya. 

Dalam kondisi tersebut, kamu harus mempertimbangkan untuk mencari orang sebagai rekan kerja menyelesaikan pesanan klien. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait