menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

4 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok untuk Pemula

Nivita Saldyni,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok untuk Pemula
Image: Selada. (Ilustrasi/Groot Garden)

Jakarta - Bagi Urbanreaders yang hobi berkebun, teknik hidroponik tentu tak asing lagi. Tapi untuk yang baru akan memulai menekuni cara berkebun satu ini, mungkin kamu sedang bingung memilih tanaman apa yang mudah tumbuh dan cocok untuk pemula.

Jangan khawatir, metode berkebun bisa jadi salah satu solusi pertanian modern bagi kamu yang ingin menanam sayur atau pun buah di rumah meski lahannya terbatas. Namun untuk permulaan, ada baiknya mencoba menanam dari tanaman yang mudah tumbuh dulu nih. 

Kira-kira tanaman hidroponik apa aja sih yang cocok untuk pemula? Nah daripada penasaran, yuk simak rekomendasi Urbanasia yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini!

1. Selada

1610537848-selada-groot-garden.pngSelada. (Ilustrasi/Groot Garden)

Kalau bicara soal teknik hidroponik, selada jadi salah satu tanaman favorit dan paling umum ditanam dengan metode ini. Selain mudah diolah, alasan lain banyak yang menanam selada dengan metode hidroponik karena mereka bisa tumbuh dengan cepat.

Dengan metode yang cukup sederhana dan mudah ini, kamu bisa memanen selada hanya dalam waktu 24 - 30 hari loh. Padahal kalau pakai metode tanam normal, selada baru bisa dipanen 40 - 60 hari. Wah, menarik kan?

2. Kangkung

1610537856-kangkung-iStock.jpegSumber: Kangkung. (Ilustrasi/iStock)

Selain selada, ada kangkung yang gak kalah populer nih. Salah satu sayuran yang banyak digemari ini juga termasuk salah satu tanaman yang bakal cepat tumbuh dengan metode hidroponik. Perawatannya juga gak sulit, cukup menempatkannya di tempat yang dapat paparan matahari dan angin yang cukup serta diberi pupuk secara teratur.

Nah, gak jauh beda dari selada, kangkung yang ditanam dengan metode hidroponik biasanya sudah bisa dipanen setelah 20 - 25 hari setelah waktu tanam. Bahkan kangkung yang biasanya hanya bisa tumbuh sekitar Februari - Mei jika ditanam dengan metode biasa ini bakal bisa tumbuh sepanjang tahun dengan metode hidroponik.

3. Bayam merah

1610537862-bayam-merah-shuttestock.JPGBayam merah. (Ilustrasi/Shutterstock)

Selanjutnya ada bayam merah nih guys. Tanaman yang dikenal sebagai salah satu obat tradisional ini juga cocok bagi kamu yang ingin memulai berkebun dengan metode hidroponik.

Tak berbeda jauh dengan selada dan kangkung, masa panen sayur yang kaya akan zat besivitamin B2, dan vitamin C ini juga relatif cepat guys. Hanya sekitar 25 - 30 hari setelah waktu tanam, kamu sudah bisa menikmati hasilnya. 

4. Sawi hijau

1610537964-kangkung-iStock.jpegSawi hijau. (Ilustrasi/Hydroponic Farming)

Tanaman lain yang cukup populer untuk metode hidroponik adalah sawi hijau. Sayuran yang banyak diminati warga Indonesia ini juga mudah tumbuh dan punya banyak manfaat bagi tubuh loh.

Yap, sawi hijau memang terkenal kaya akan vitamin A, B, C, K, dan juga antioksidan yang baik bagi tubuh. Sayur satu ini juga mudah banget diolah jadi berbagai menu masakan, bahkan bisa dijus juga loh. Untuk waktu panennya sendiri, biasanya sawi hijau yang ditanam dengan metode hidroponik bisa dipanen setelah 40 - 45 hari dari waktu tanam.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait