Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

4 Kota Ini Bisa Cicipi XL 5G

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Kota Ini Bisa Cicipi XL 5G
Image: XL Axiata menghadirkan demo layanan 5G di 4 kota/XL Axiata

Jakarta - Usai mengantongi restu dari Kemkominfo, operator XL Axiata tengah menyiapkan komersialisasi layanan 5G. Sebagai tahap awal mereka menghadirkan demo layanan 5G pada empat kota di Indonesia. 

Keempat kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Pada deno yang digelar mulai 18 Agustus lalu, pelanggan XL Axiata dapt menjajal langsung manfaat dari 5G, mulai dari kecepatan internet, cloud gaming hingga video streaming 4K.

“Ini menjadi bagian mensosialisasikan layanan 5G kepada masyarakat luas, terutama para pelanggan XL Axiata. Hal ini sekaligus sebagai salah satu tahapan dari persiapan menggelar layanan 5G secara komersial dan masif,” terang Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.

Adapun lokasi demo sebagai berikut:

- Jakarta : XL Center di XL Axiata Tower
- Bandung: XL Center Martadinata
- Yogyakarta: XL Center di JL Laksda Adisucipto
- Surabaya: XL Axiata Surabaya

Kabar baiknya tidak terbagas di empat kota tadi, XL berencana memperluas demo 5G ke beberapa kota lain secara bertahap. Pada September ada tiga kota yang bakal disambangi.

"Layanan 5G komersial secara bertahap akan diperluas dan dalam waktu dekat akan hadir di Medan, Banjarmasin, dan Makassar," ungkap Head of Technology XL Axiata, Tetra Siti Sara.

Seperti diketahui pada 12 Agustus lalu XL Axita mengantongi restu dari Kementerian Komunikasi dan Indormatika (Kominfo) untung menggelar layanan 5G di Indonesia.

Hal itu ditandai dengan diberikannya Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Kominfo ke XL Axiata. Menkominfo Johnny G Plate mengungkap SKLo sejatinya sudah terbit pada 6 Agustus 2021. 

Sementara pelaksanaan Uji Laik Operasi (ULO) digelaf 3 sampai 5 Agustus 2021 lalu mengambil lokasi di area Jalan Margonda, Kota Depok.

Penerbitan SKLO Layanan Jaringan 5G PT XL Axiata, Tbk dilaksanakan sesuai amanat Pasal 4 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi.

Melalui penerbitan SKLO Layanan 5G tersebut, maka layanan jaringan, serta seluruh sarana dan prasarana 5G yang telah selesai dibangun oleh PT XL Axiata, Tbk, secara teknis dinyatakan siap beroperasi.

“Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1807,5 MHz sampai dengan 1827,5 MHz,” jelas Menkominfo.

Ditambahkannya keberadaaan operator seluler ketiga yang menyediakan layanan jaringan 5G menunjukan bahwa industri penyediaan layanan jaringan 5G dapat berkembang secara komersial dengan baik di Indonesia.

“Meski masih pada tahap initial commercial operations, capaian baik tersebut tentu tidak lepas dari fasilitasi kebijakan yang tertuang dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang meliputi kebijakan, antara lain, (1) infrastructure sharing aktif dan pasif; (2) spectrum sharing; serta (3) pengaturan koeksistensi layanan Over The Top (OTT) dengan layanan multimedia konvensional,” pungkasnya..

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait