beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit, Salah Satunya Basmi Bekas Jerawat

Izzah Putri Jurianto,
6 September 2022 11.53.51 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit, Salah Satunya Basmi Bekas Jerawat
Image: Bekas jerawat (Foto: Pinterest/theannmariejohn)

Jakarta -- Sering terpapar sinar matahari dapat menyebabkan berbagai efek pada kulit, salah satunya yakni warna kulit yang tidak merata. Jika tidak rajin menggunakan skincare, kulit juga akan menjadi lebih gelap seiring waktu karena terbakar.

Untuk mengatasi hal ini, salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan skincare berbahan aktif alpha arbutin. Alpha arbutin merupakan zat turunan yang dibuat dari hydroquinone. Akan tetapi, alpha arbutin ini juga dapat ditemukan pada buah-buahan, seperti bearberry, blueberry, dan cranberry. 

Kira-kira apa saja ya manfaat alpha arbutin untuk kulit wajah? Simak penjelasan dari Urbanasia berikut ini.

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat alpha arbutin yang paling utama adalah kemampuannya dalam mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena alpha arbutin punya kandungan yang dapat memperlambat produksi tirosinase. 

Tirosinase ini umumnya meningkat produksinya jika sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari. Nah, hal tersebut pada akhirnya berdampak pada jumlah melanin yang semakin banyak, yang menjadi pemicu utama dari penggelapan kulit.

2. Menyamarkan Bekas Jerawat

Terkadang meski jerawat sudah sembuh, bekasnya masih akan tertinggal di kulit. Bekas-bekas jerawat berwarna coklat atau kehitaman, yang sedikit mirip dengan flek, bisa disamarkan dengan alpha arbutin, loh.

Hampir sama dengan sebelumnya, dalam hal ini alpha arbutin juga bekerja dengan cara menahan produksi melanin. Dengan begitu, lama-kelamaan bekas jerawat tersebut akan semakin pudar. Akan tetapi, perlu diingat bahwa alpha arbutin bukan berfungsi memperbaiki tekstur bopeng pada kulit, ya.

3. Alternatif Hidrokuinon

Hidrokuinon juga merupakan salah satu kandungan dalam produk kosmetik yang fungsinya hampir sama dengan alpha arbutin, yakni melawan produksi melanin. Bedanya, hidrokuinon bertugas membunuh sel-sel pemicu produksi melanin, sementara alpha arbutin hanya memperlambat.

Makanya, hidrokuinon dianggap lebih keras daripada alpha arbutin. Sebagai alternatifnya, alpha arbutin lebih aman digunakan pada semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif, untuk mengurangi risiko iritasi.

4. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Selain mencerahkan, ternyata alpha arbutin juga berfungsi sebagai eksfoliator kulit, loh. Kandungan ini akan sangat cocok jika dipadukan dengan AHA dan BHA, sehingga hasil eksfoliasi semakin optimal. 

Untuk eksfoliasi, kamu perlu menggunakan alpha arbutin selama 30 detik dan membuat gerakan melingkar di kulit. Dengan begitu, sel kulit mati sekaligus komedo akan terangkat. Proses regenerasi kulit juga akan semakin cepat.

Jadi gimana, Urbanreaders? Apakah manfaat-manfaat dari alpha arbutin tadi sudah pernah kamu buktikan? Kalau belum, yuk coba dan rasakan!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait