beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

4 Mitos tentang Power Bank yang Ternyata Hoaks

Fitri Nursaniyah,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Mitos tentang Power Bank yang Ternyata Hoaks
Image: PIXABAY/LYOO_JW

Jakarta - Di era digital seperti saat ini, ponsel dan power bank jadi pasangan alat elektronik yang tak terpisahkan. Bagaimana tidak, power bank menjadi penyelamat gadget kamu ketika baterainya habis.

Meski demikian, power bank yang muat dalam genggaman dan bisa mengisi baterai tanpa harus dialiri listrik ini tidak selalu jadi pilihan para pengguna ponsel. Banyak orang ragu dengan teknologi ini karena beberapa alasan, termasuk khawatirkan keamanan.

Mitosnya, power bank bisa merusak baterai gadget hingga bisa meledak. Apakah benar demikian? InfinityLab, lini baru produk non-audio dan aksesori pengisi daya dari HARMAN International menepis mitos yang beredar tentang power bank lewat teknologi yang mereka kembangkan.

Berikut ini 4 mitos power bank yang ternyata hoaks:

1. Merusak baterai gadget

Pemakaian power bank dari waktu ke waktu dikhawatirkan bisa merusak baterai gadget. Tapi hal itu salah karena jika tingkat voltase power bank di bawah batas aman maka kamu nggak perlu khawatir baterai gadget akan rusak.

Apalagi, InfinityLab InstantGo dilengkapi Short-Circuit Protection, over charge/discharge control, temperature control, dan overvoltage & overcurrent protection sehingga tidak perlu khawatir soal kebocoran baterai.

2. Cepat rusak

Ada harga ada kualitas, pilihlah power bank yang didesain kuat tahan lama, cirinya power bank bisa mengisi daya banyak gadget dalam satu waktu. Seperti InstantGo yang bahkan bisa mengisi daya notebook.

3. Pengisian daya lama

Mengisi daya menggunakan power bank dianggap lebih lama dari mengisi daya langsung pakai charger. Sebenarnya hal ini tergantung jenis power bank yang dipakai ya, Urbanreaders! Pada umumnya, power bank berkualitas tinggi bisa setara dengan charger biasa. Untuk Power Delivery 3.0 InfinityLab bisa mengisi daya 50 persen baterai dalam 40 menit pada Samsung Galaxy S2, dan berbeda waktunya untuk berbagai jenis gadget.

4. Rentan meledak

Mitosnya, power bank berbahaya dan rentan meledak. Mitos ini muncul karena power bank mudah mengalami overheating atau panas ketika dipakai.

Tapi hal ini sangat jarang terjadi pada power bank berkualitas tinggi seperti InfinityLab InstantGo yang dibekali dengan teknologi Gallium Nitride (GaN) yang memiliki konduktivitas listrik yang lebih baik, serta temperature control, short-circuit protection, over charge/discharge control, dan overvoltage & overcurrent protection. Dengan teknologi ini, kamu tidak perlu lagi khawatir power bank akan panas berlebihan ataupun korslet. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait