beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Aromaterapi yang Bantu Kamu Betah di Rumah

Itha Prabandhani,
27 Maret 2020 10.10.01 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Aromaterapi yang Bantu Kamu Betah di Rumah
Image: istimewa

Jakarta - Aromaterapi dengan essential oil telah dipercaya selama berabad-abad sebagai salah satu sarana pengobatan secara alami. Essential oil atau minyak atsiri yang diekstrak dari biji-bijian dan tanaman, terbukti dapat memberi manfaat bagi kesehatan fisik maupun emosi kita.

Melakukan aromaterapi dipercaya dapat membantu kita mengatasi rasa stress, depresi, dan membuat pikiran kita lebih tenang.

Menghadapi situasi seperti saat ini, di mana kita menghabiskan hampir seluruh waktu di dalam rumah, tidak jarang membuat kita merasa stress, jenuh, atau bosan. Kalau kamu juga merasakan hal ini, mungkin kamu bisa mencoba melakukan terapi relaksasi dengan aromaterapi berikut ini.

1. Minyak Chamomile

1585274054-chamomile-oil.jpg

Selain berkhasiat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, peradangan, dan flek hitam, minyak Chamomile juga ampuh untuk mengusir stress. Tuang beberapa tetes minyak Chamomile dalam air di atas tungku pembakaran atau humidifier untuk meningkatkan mood kamu. Kamu akan segera merasa lebih rileks dan segar. Kalau kamu mengalami gangguan tidur, aroma ini juga akan membuatmu tidur lebih mudah.

2. Minyak Peppermint

1585274085-peppermint-oil.jpg

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menghirup minyak peppermint akan membuatmu kembali bersemangat saat kamu merasa tidak bertenaga. Peppermint juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan kamu. Kamu juga bisa menambahkan setetes minyak peppermint ke dalam teh hangatmu, ketika kamu sedang kurang enak badan.

3. Minyak Frankincense

1585274117-frankincense-oil,-instagram-theoiledforest.jpg

Minyak Frankincense biasanya digunakan dalam ritual-ritual keagamaan atau budaya. Namun, minyak ini mengandung efek yang membuat rileks. Menghirup aroma Frankincense juga akan membantumu lebih fokus untuk melakukan yoga dan meditasi. Selain itu, minyak ini juga bisa menyembuhkan luka kecil akibat gigitan binatang atau goresan.

4. Minyak Lavender

1585274146-lavender-oil.jpg

Hasil ekstrak bunga Lavender ini mempunyai aroma yang sangat harum. Minyak Lavender juga bermanfaat untuk meredakan memar dan membantu penyembuhan luka atau iritasi kulit lebih cepat. Menghirup aroma minyak Lavender, akan membantumu tidur lebih nyenyak dan tenang. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak Lavender untuk berendam.

5. Minyak Eucalyptus

1585274175-eucalyptus-oil.jpg

Minyak Eucalyptus banyak digunakan untuk melegakan pernafasan, membantu meredakan sesak nafas, serta mengatasi sinusitis. Minyak Eucalyptus juga merupakan antibakteri yang ampuh sehingga dapat meningkatkan sistem imun di tubuh kita. Tuang beberapa tetes minyak Eucalyptus dalam air di atas tungku pembakaran atau humidifier untuk membersihkan udara dari bakteri dan virus yang berada di sekitar kita.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait