menu
user
URstyle

5 Bahan Ramuan Herbal yang Dipercaya Mengatasi Sakit Maag

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Bahan Ramuan Herbal yang Dipercaya Mengatasi Sakit Maag
Image: Ilustrasi obat herbal. (Foto: freepik/ 8photo)

Jakarta - Maag seringkali muncul di waktu yang tidak tepat, walaupun maag tidak menyebabkan masalah medis serius, tapi jika di biarkan begitu saja kondisinya  bisa semakin memburuk sewaktu-waktu.

Mengobati penyakit maag sebetulnya tidak sulit, kamu  bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk di jadikan alternatif pengobatan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah lima bahan ramuan herbal yang dipercaya dapat atasi maag secara alami:

Baking Soda

1614308456-Baking-soda.jpgSumber: Ilustrasi baking soda. (Foto: pixabay/ Kaboompics)

Kandungan PH yang tinggi pada baking soda dapat membantu menetralkan asam di dalam perut.

Caranya, Kamu cukup mencampurkan baking soda kedalam air minum. Biarkan baking soda itu larut dalam air, lalu meminumnya sebagai obat maag.

Tapi perlu kamu ketahui Urbanreaders, di dalam baking soda sendiri mengandung kadar garam dan gas yang tinggi. Reaksi yang di timbulkan setiap orang juga mungkin saja berbeda.  

Untuk menhindari hal-hal yang dapat memperburuk kondisi mu saat ini, ada baiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter sebelum kamu menggunakan baking soda sebagai alternatif herbal pengobatan maagmu.

Lidah Buaya

ilustrasi-lidah-buaya-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi lidah buaya. (Pixabay)

Bukan hanya digunakan sebagai obat pereda luka bakar, lidah buaya juga di percaya dapat meredakan sensasi terbakar dalam tubuh yang seringkali di rasakan saat maag.

Dengan meminum segelas jus lidah buaya, kamu dapat menenangkan kerongkongan yang terbakar karena naiknya asam pada lambung, menghindari iritasi, dan juga peradangan.

Kunyit

1595579457-kunyit.jpegSumber: Ilustrasi kunyit. (Pixabay)

Kunyit mempunyai kandungan polifenol, menurut penelitian dari international Journal of Molecular Science, kunyit dapat membantu mencegah peradangan pada gangguan lambung atau di sebut juga penyakit GERD.

Dengan kata lain, gejala gangguan lambung dapat diatasi dengan obat-obatan yang mengandung antioksidan dan anti peradangan. Kedua sifat tersebut bisa kamu dapatkan pada kurkumin yang terkandung dalam kunyit.

Jahe Merah

1614308552-Jahe.jpgSumber: Ilustrasi jahe. (Foto: freepik/ Jcomp)

Bumbu rempah yang satu ini memiliki sifat anti peradangan sama halnya dengan kunyit. Sifat anti peradangan ini bermanfaat untuk meredakan rasa mual yang seringkali di rasakan saat maagmu kambuh.

Jahe merah bersifat gastroprotektif yang dapat menekan bakteri Hellicobacter pylori (H.pylori) penyebab asam lambung naik. H. pylori adalah bakteri yang hidup di lingkungan yang asam, jika jumlahnya banyak dan tidak dapat dikendalikan, gejala maag pun akan muncul karena adanya infeksi pada dinding lambung.

Tapi dengan bantuan jahe merah ini, jumlah bakteri dapat dikurangi. Sehingga gejala maag pun dapat diatasi.

Madu

1598422379-madu.jpgSumber: Ilustrasi madu. (Freepik)

Pemanis alami yang satu ini dapat membantu mengatasi masalah lambung, seperti halnya mencegah naiknya asam lambung juga meredakan sensasi perih dan panas seperti terbakar pada dada (heartburn).

Madu mempunyai sifat anti oksidan, sehingga tidak salah jika pemanis alami yang satu ini digunakan sebagai obat alternatif maag.

Murah, mudah, dan sederhana bukan? Lima bahan herbal di atas bisa untuk kamu jadikan obat alternatif untuk mengatasi maag secara alami. Terlalu sering mengonsumsi obat-obatan tertentu justru bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu, beralihlah dengan menggunakan obat alami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait