Jakarta - Flek hitam pada wajah terjadi karena produksi melanin yang berlebihan, sehingga menimbulkan hiperpigmentasi. Penyebabnya macam-macam, mulai dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, penggunaan kosmetik, hingga perubahan hormon dalam tubuh.

Flek hitam pada wajah dapat mengganggu penampilan, karena membuat warna kulit wajah tidak merata.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan noda hitam yang mengganggu ini. Mulai dari penggunaan produk skincare, perawatan dengan laser, hingga memanfaatkan beberapa bahan alami.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah flek hitam, berikut beberapa cara yang direkomendasikan Urbanasia.

1. Bawang Merah

1595585613-potong-bawang.jpgSumber: Ilustrasi potong bawang. (Pixabay/pasja1000)

Bawang merah besar dapat berfungsi sebagai pencerah kulit yang akan menyamarkan noda hitam di wajahmu.

Cara menggunakan simpel banget. Iris bawang merah dan cacah hingga halus. Lalu, masukkan ke dalam sebuah kantong, seperti kantong teh. Kompreskan kantong berisi bawang merah tersebut ke area yang bermasalah dan diamkan selama kira-kira 10 menit. Sari dari bawang merah akan meresap ke dalam kulit wajah dan memperbaiki pigmen berlebih di area tersebut.

2. Yoghurt

1609900969-manfaat-yoghurt.jpgSumber: Ilustrasi manfaat yoghurt untuk kesehatan. (Freepik)

Berdasarkan penelitian, asam laktat yang terdapat dalam produk olahan susu termasuk yoghurt, dapat membantu berbagai masalah kulit, termasuk hiperpigmentasi.

Caranya, ambillah yoghurt secukupnya lalu aplikasikan sebagai masker wajah. Pilih yoghurt yang tak berasa alias plain, ya? Diamkan selama beberapa saat hingga mengering, lalu bilas hingga bersih. Sesudahnya, gunakan pelembap wajah.

Cara ini juga bisa dilakukan dengan susu sebagai pengganti yoghurt, guys. Gunakan susu murni dan aplikasikan susu ke wajah dengan bantuan kapas, lalu diamkan beberapa menit. Bilas hingga bersih dan gunakan pelembap sesudahnya.

3. Lidah Buaya

1608689050-lidah-buaya.jpgSumber: Freepik

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat alami buat kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk melawan flek-flek hitam yang membandel.

Caranya juga super gampang. Kamu bisa siapkan seiris lidah buaya dan ambillah gelnya. Usapkan pada area yang bermasalah dan diamkan hingga kering. Bilas wajah hingga bersih. Lakukan setiap hari sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Air Lemon

1609244090-lemon-(1).jpgSumber: Freepik

Air perasan lemon banyak mengandung vitamin C, yang ampuh untuk mencerahkan kulit wajah.

Ambillah 1 buah lemon dan peras airnya. Lalu usapkan pada area yang bermasalah dengan bantuan kapas. Diamkan sejenak sebelum kamu bilas hingga bersih. Pastikan area yang akan diberi perasan air lemon tidak ada luka ya, guys? Air perasan lemon dapat menimbulkan rasa perih jika mengenai luka.

5. Madu

1606957811-madu.jpgSumber: Freepik

Madu sudah terkenal secara turun temurun memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya, mampu membantu mencerahkan kulit, terutama akibat bekas jerawat.

Caranya, oleskan madu murni langsung ke permukaan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Lalu, diamkan selama 5-10 menit, dan bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu hingga kamu melihat perubahan pada kulitmu.

Selamat mencoba, guys!

Komentar
paper plane