Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat
Image: Ilustrasi sahabat (Pixabay/caihuuthanh)

Jakarta – Menjaga sebuah persahabatan merupakan hal yang menantang. Kamu akan berhadapan dengan orang lain dengan nilai, prioritas, dan sifat yang bisa sangat berbeda.

Oleh karena itu, terkadang pertengkaran dan konflik mewarnai hubungan persahabatan. Berikut merupakan cara memperbaiki hubungan dengan sahabat yang bermasalah seperti dilansir Medium.

1. Terbuka

1628750830-Ilustrasi-kedua-sahabat-(Freepikdiana.grytsku).jpgSumber: Ilustrasi kedua sahabat (Freepikdiana/grytsku)

Seringkali pertengkaran terjadi karena miskomunikasi. Bisa jadi kamu tidak mengerti mengapa dia terus mendorongmu untuk melakukan sesuatu, dia menganggap serius lelucon yang kamu sampaikan, dan pertikaian karena salah paham lainnya. Cobalah untuk terbuka supaya saling memahami, kritik penting dalam perbaikan diri.

2. Minta Maaf

1628750989-sahabat-posesif-3.jpgSumber: Ilustrasi kehidupan pribadi (Freepik/tirachardz)

Permintaan maaf merupakan hal yang sederhana tetapi sulit dilakukan bagi sebagian orang. Namun, permohonan maaf harus disampaikan secara tulus. Hal ini karena orang lain bisa merasakan jika dilakukan secara terpaksa. Setelah dimaafkan, kamu perlu memastikan diri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

3. Beri Dia Waktu

1628750865-Ilustrasi-kedua-sahabat.jpgSumber: Ilustrasi sahabat (Freepik/master1305)

Kamu perlu memberikan waktu dia untuk berpikir jernih. Bersabarlah menunggu tanggapannya, bisa berhari-hari, berminggu-minggu, atau beberapa bulan. Setiap orang membutuhkan waktu yang berbeda untuk mengambil keputusan. Perlu diperhatikan, kamu jangan mengganggu dengan menghubunginya setiap waktu. Apabila telah siap, dia pasti akan mengirim pesan.

4. Dengarkan Pendapat Dia

1628750882-Ilustrasi-kedua-sahabat-(2).jpgSumber: Ilustrasi sahabat yang melindungi (Freepik)

Sebagian pertengkaran terjadi karena kamu tidak mendengarkan orang lain. Mulai dari memaksakan kehendak, tidak peduli mendapatnya, dan mengganggu waktu pribadinya.

Perlu ditekankan bahwa perbedaan pendapat itu wajar, dan bukan soal menang-kalah. Dengan memperbanyak mendengar, kamu telah berupaya memperbaiki komunikasi dan menjaga persahabatan.

5. Membangkitkan Kenangan Indah

1595470924-waktu-untuk-sahabat.jpgSumber: Ilustrasi persahabatan (Freepik)

Apabila kamu dan dia berteman selama bertahun-tahun, tentu banyak cerita indah yang telah diukur.  Mengenang kenangan indah dapat mengingatkan mereka tentang alasan kalian bersahabat. Sehingga hal tersebut bisa membantu hubungan kamu dan dia membaik.
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait