beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

5 Cara Menghemat Baterai Ponsel saat Mudik Lebaran

Shinta Galih,
27 April 2022 13.11.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Menghemat Baterai Ponsel saat Mudik Lebaran
Image: Ilustrasi Ponsel (Freepik/Freepik)

Jakarta - Tahun ini pemerintah memperbolehkan masyarakat  mudik lebaran. Jika kamu berencana pulang kampung, tips cara hemat baterai ponsel saat perjalanan mudik lebaran penting untuk disimak.

Memang kapasitas baterai belakangan sudah cukup besar. Namun jarak yang cukup jauh bisa menghabiskan daya baterai di tengah jalan.

Agar baterai tetap awet sepanjang jalan, kamu bisa melakukan langkah berikut ini:

1. Turunkan Level Brightness

Kecerahan layar pada ponsel dapat mempengaruhi daya baterai. Semakin tinggi akan cepat menguras isi.

Sebaliknya dengan meredupkan makin memperlambat berkurangnya daya baterai. Sebaiknya lagi dalam perjalanan hindari men-setting kecerahan layar menjadi Auto.

2. Menonaktifkan Lokasi

Jika kamu tidak menggunakan ponsel sebagai alat navigasi, disarankan untuk menonaktifkan fitur lokasi. Sebab banyak aplikasi yang mengakses lokasi saat digunakan dan ini akan mempercepat baterai habis.

3. Batasi Pemakaian Kamera

Mengabadikan momen perjalanan lebaran memang sah-sah saja. Tapi jangan terlalu banyak menggunakan kamera, apalagi untuk merekam video, bila ingin menghemat baterai. Jadi secukupnya saja mengabadikan tempat yang menurut kamu menarik.

4. Power Saving Mode

Semua ponsel, baik Android maupun iPhone, memiliki mode penghemat daya atau power saving. Ketika ini diaktifkan bisa memperpanjang daya baterai.

5. Mode Pesawat

Saat ponsel tidak digunakan disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat sehingga tidak ada notifikasi masuk, termasuk akses ke lokasi dan koneksi. Itu semua akan menghemat baterai sepanjang perjalanan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait