Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

Alwin Jalliyani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor
Image: Ilustrasi filter udara kendaraan. (Pixabay/Juergen G)

Jakarta - Setiap mesin kendaraan bermotor dilengkapi dengan filter udara. Sesuai namanya, filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

Udara yang digunakan dalam proses pembakaran harus benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat sistem injeksi.

Berikut merupakan fungsi filter udara pada kendaraan bermotor yang dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Menyaring Udara

1631525361-filter-mesin.jpgIlustrasi filter udara kendaraan. (Pixabay/nastagadka)

peranan utama yang dimiliki oleh filter udara adalah menyaring udara. Tenaga mesin dihasilkan karena adanya pembakaran yang dibantu udara. Namun, udara perlu disaring terlebih dahulu karena mengandung kotoran, seperti debu, pasir, dan kotoran lainnya. Apabila terdapat kotoran di ruang bakar, maka proses pembakaran tidak akan sempurna.

2. Menjaga Ruang Bakar Tetap Bersih

Filter udara berperan memastikan ruang bakar dalam keadaan bersih. Tetapi, ruang bakar tidak bisa dibersihkan secara langsung oleh teknisi. Sehingga benda yang masuk di dalamnya seperti udara dan juga bbm harus dijaga kualitasnya. Jika banyak kotoran yang masuk, proses pembakaran akan terganggu.

3. Menghindari Kemunculan Karat

1631525356-filter-udara-kendaraan.jpgIlustrasi filter udara kendaraan. (Pixabay/BrunQ)

Ternyata, udara yang masuk juga bisa mengandung air. Kelembaban dalam udara tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar karena akan menciptakan oksidasi pada mesin. Filter udara akan menahan air supaya mesin tetap kering untuk mencegah karat. Jika sampai korosi akan berbahaya bagi mesin dan mempengaruhi area lainnya.

4. Mencegah Timbulnya Kerak

Selain karat, masalah yang sering muncul adalah kerak pada mesin. Fungsi filter udara adalah mencegah timbulnya kerak akibat kotoran dari udara. Saat kotoran menumpuk dan mengeras, maka semakin sulit dibersihkan. Jika filter udara bekerja sesuai fungsinya, permasalahan kerak dapat dihindari.

5. Menjaga Kondisi Kendaraan Tetap Bertenaga

1631525349-filter-kendaraan.jpgIlustrasi filter udara kendaraan. (Pixabay/Juergen G)

Terakhir, udara yang disaring oleh filter udara dapat membantu menjaga pembakaran tetap berjalan maksimal. Pembakaran yang bagus akan membuat mobil dan motor bertenaga. Oleh karena itu, dengan menjaga kebersihan dan kualitas filter udara, kamu sekaligus mengoptimalkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait