menu
user
URstyle

5 Hal yang Wajib Dilakukan saat Beli Tanaman Hias Online 

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hal yang Wajib Dilakukan saat Beli Tanaman Hias Online 
Image: Ilustrasi belanja online. Sumber: Pixabay/Preis_King).

Jakarta - Urbanreaders ada yang jadi punya hobi baru dengan merawat tanaman hias selama pandemi? Yap, menanam dan merawat tanaman hias memang jadi salah satu hobi yang meroket selama pandemi COVID-19. Alhasil penjualan tanaman hias juga ikut meningkat.

Nah kalau kamu juga salah satu pecinta tanaman hias dan masih ragu untuk ke luar rumah, kamu bisa membelinya secara online loh. Sekarang banyak penjual tanaman hias ini yang bisa kamu temukan di berbagai platform media sosial dan juga e-commerce.

Tapi belanja tanaman hias secara online gak bisa sembarangan guys. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat membeli tanaman hias incaranmu secara online. Dilansir dari beberapa sumber, ini dia lima hal yang wajib kamu lakukan saat membeli tanaman hias secara online:


1. Pilih penjual yang terpercaya

Penjual tanaman hias di internet memang mudah ditemukan, tapi kamu harus ingat bahwa oknum jahat yang berniat melakukan penipuan bisa berasal dari mana saja. Jadi penting banget untuk kamu memilih penjual yang terpercaya.

Bagaimana caranya? Selain menanyakan rekomendasi ke teman atau forum online, kamu juga bisa mencarinya sendiri. Setelah itu, coba pantau aktivitas penjual tersebut.

Misalnya kamu tahu penjual ini dari media sosial, coba cek apakah mereka cukup aktif? Lalu apakah ada review dari pembeli lain? Kamu juga bisa cek kolom komentar dari akun asli di tiap postingan mereka. Kalau memang cukup bagus, kamu bisa mempertimbangkannya.


2. Teliti sebelum membeli

1614495632-menanam.jpegSumber: Ilustrasi menanam. Sumber: Pixabay/JillWellington.

Bukan hanya tanaman hias, barang-barang lain yang kamu beli secara online juga bisa saja tak sesuai dengan ekspektasi. Sebab biasanya foto yang ditampilkan tentu merupakan sisi terbaik dari apa yang penjual tawarkan.

Untuk itu biasakan selalu teliti sebelum melakukan pembayaran. Baca dulu deskripsinya guys. Bahkan kalau deskripsinya kurang lengkap, jangan sungkan untuk tanyakan langsung ke penjual. Misalnya spesifikasi tanamannya, apa saja yang didapatkan, hingga cara perawatannya.

Penting juga loh tahu dan paham kebijakan penjual tersebut. Sehingga saat paket tiba dan mungkin ada kesalahan dari penjual, kamu bisa mengajukan keluhan ataupun pengembalian sesuai peraturan yang mereka terapkan.


3. Cari tahu dan pahami cara perawatannya

Sebelum membeli ada baiknya dulu kamu mengenal jenis tanaman yang akan kamu rawat dan cara perawatannya itu sendiri. Jangan sampai hanya tergoda dengan keindahannya, namun ternyata saat tiba di tangan, tanaman itu tak bertahan lama karena tak cocok di lingkungan rumahmu.

Kalau memang kurang pas hidup di lingkungan tempat kamu tinggal, coba tanyakan ke penjual. Apakah ada rekomendasi tanaman hias lainnya yang bisa kamu beli dengan berbagai pertimbangan tersebut?

Sehingga pastikan kamu mengenal baik tanaman incaranmu sebelum memutuskan untuk membeli ya guys. Khususnya para pemula nih. Jangan sampai kamu kecewa karena kesalahan yang kamu sebabkan sendiri ya.


4. Pilih pengiriman dengan waktu antar tercepat

1614495643-tanaman-hias-dalam-kaca-pixabay.jpegSumber: Tanaman hias dalam kaca. Sumber: Pixabay/Alexas_Fotos.

Ada baiknya membeli tanaman hias di toko terdekat dengan tempat kamu tinggal. Namun apa boleh buat kalau tanaman hias yang diincar hanya ada di toko yang jaraknya jauh dari kita? Kamu bisa menyiasatinya dengan memilih pengiriman yang bisa mengantarkan paketmu dalam waktu tercepat. Berbagai jasa pengiriman selalu memiliki pilihan pengiriman kilat. 

Memang lebih mahal, tapi apa boleh buat? Kamu tentu nggak mau dong tanaman hias incaranmu rusak karena kelamaan di dalam kotak dan tak mendapatkan sinar matahari?

5. Langsung unboxing begitu paket tiba

Saat paket sudah di tangan, langsung unboxing paket kamu guys. Dengan begitu, tanaman hias kamu bisa langsung mendapat sinar matahari dan udara yang layak. Lalu tanam sesuai dengan petunjuk yang ada. Kalau penjual tak menyertakan kartu petunjuk, kamu bisa menanyakannya sebelum paket tiba.

Setelah itu tinggal dirawat sesuai dengan aturan perawatan yang baik dan tepat. Dengan begitu, tanaman hiasmu bisa hidup dengan baik!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait