beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

5 Hobi Sederhana yang Bisa Tambah Penghasilan

Griska Laras,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hobi Sederhana yang Bisa Tambah Penghasilan
Image: Pixabay

Jakarta - Sebagian orang menekuni hobi untuk bersenang-senang, tapi banyak juga yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan.

Apalagi kalau hobi itu bisa kamu bisa lakukan di sela-sela waktu kerja atau di hari libur. Pastinya wajib dimaksimalkan untuk dapat lebih banyak cuan dong.

Nah berikut ini 5 hobi sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

1. Fotografi

Mengabadikan momen dan tempat-tempat indah memang kegiatan yang mengasyikkan. Apalagi kamu sudah mahir mengutak-atik kamera profesional.

Kalau ditekuni, hobi fotografi bisa jadi peluang buat mendapat lebih banyak cuan. Sebagai permulaan, kamu bisa mengikuti lomba-lomba fotografi. Biasanya penyelenggara menwarkan hadiah uang yang lumayan besar, apalagi kalau lombanya sudah di tingkat nasional atau bahkan internasional.

Nah kalau kamu sudah beberapa kali menang lomba dan merasa cukup expert, kamu bisa mulai menjajal jasa foto prawedding atau bahkan membuka studio kecil-kecilan.

Kamu bisa memanfaatkan akun media sosialmu sebagai portfolio dan tempat menawarkan jasa memotretmu.

Baca Juga: 4 Kesalahan Menabung yang Sering Dialami Milenial

2. Menulis cerita

Kamu hobi nulis dan punya ide cerita atau draf novel? Daripada cuma disimpan di laptop, coba bawa naskahmu ke sebuah penerbit.

Kalau masih kurang pede, coba posting ceritamu di Wattpad. Dari platform itu kamu bisa mengecek respon pembaca terhadap karyamu.

Apalagi sekarang sudah banyak banget penulis Wattpad yang karyanya dibukukan penerbit besar loh.

Biasanya royalti yang diterima penulis sebesar 10% per eksemplar. Nah kalau bukumu bisa laris manis di pasaran, kebayang kan keuntungan yang bakal kamu dapat?

3. Memasak

Kegiatan meracik bumbu dan bereksperimen dengan bahan makanan di dapur bisa jadi kegiatan yang sangat menyenangkan buat sebagian orang.

Apalagi kalau makanan yang kamu buat bisa bikin orang tersayang makan dengan lahap. Wah bahagia banget rasanya.

Rasa bahagia itu bisa bertambah berlipat-lipat kalau masakan kamu ternyata bisa mengenyangkan perut banyak orang dan mendatangkan cuan.

Sebagai permulaan coba masak sesuatu untuk teman-temanmu dan minta pendapat mereka tentang masakanmu.

Kalau suka, kamu bisa menjualnya ke teman kantor dan atasanmu. Nah kalau mau menarik lebih banyak pelanggan gunakan akun media sosial sebagai media pemasaran.

4. Melukis

Kalau kamu punya hobi melukis, coba asah kemampuanmu mulai dari sekarang. Hobi ini bisa jadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan loh.

Baca Juga: Tips Belanja Kebutuhan Imlek, Mulai dari Cheongsam sampai Lampion

Banyak orang yang mencari lukisan sebagai hadiah untuk pasangan, hadiah ulang tahun atau hadiah wisuda.

Selain kanvas, kamu juga bisa melukis di medium lainnya loh seperti kain, karet dan plastik. Mungkin kamu bisa ikut menjajal casing handphone dan sepatu lukis yang lagi tren sekarang ini.

5. Membuat ilustrasi

Punya bakat di bidang design dan ilustrasi? Sayang loh kalau hasil ilustrasi dan designmu cuma dijadikan wallpaper laptop.

Coba buat desain ilustrasi vektor dan posting di media sosialmu. Lalu tawarkan ke teman-temanmu yang lagi mencari kado ulang tahun atau hadiah wisuda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait