Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Jenis Suspensi Mobil 

Alwin Jalliyani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Jenis Suspensi Mobil 
Image: Ilustrasi suspensi mobil. (Pixabay/nostagadka)

Jakarta - Suspensi merupakan komponen mobil yang berfungsi menyerap getaran melaju di permukaan tidak rata. Selain itu, suspensi juga berperan sebagai penyeimbang dan penopang bodi mobil.

Kenyamanan saat mengendarai mobil dipengaruhi juga oleh sistem suspensi. Berikut, jenis-jenis suspensi mobil yang dirangkum oleh Auto 2000.

1. Suspensi MacPherson Strut

Jenis ini merupakan suspensi yang paling banyak digunakan. Biasanya ditemukan pada mobil sedan. Meskipun termasuk jenis suspensi paling sederhana, namun kenyamanan yang diberikan tetap baik dalam meredam getaran saat melaju dan menginjak lubang. Kelebihannya yaitu desain sederhana & ringan, ruang efektif, dan beban gerak yang lebih ringan.

2. Suspensi Axle Rigid

Selanjutnya ada suspensi Axle Rigid yang hanya bisa digunakan untuk roda belakang mobil. Ciri khas dari suspensi ini yaitu tersedianya poros atau gardan yang penampilannya cukup mencolok. Terdapat dua tipe dari suspensi jenis ini, yakni Axle Rigid dengan pegas dan per.

3. Suspensi Double Wishbone

Suspensi Double Wishbone memiliki ciri khas yaitu dua buah lengan atau arm yang disebut lower arm dan upper arm. Keduanya berguna sebagai penopang sistem susppensi. Biasanya, suspensi Double Wishbone digunakan dalam produk mobil besar.

4. Suspensi Multi Link

Berbeda dengan jenis sebelumnya, suspensi Multi Link memiliki spesifikasi lebih kompleks karena merupakan hasil pengembangan dari Double Wishbone. Kompleksitas ini disebabkan oleh penggunaan arm ganda yang berfungsi sebagai pendukung masing-masing roda kiri dan kanan.

5. Suspensi Udara

Jenis ini dikenal juga dengan sebutan air suspension. Umumnya digunakan untuk mobil-mobil mewah karena menggunakan sistem komputerisasi. Pengaturan pada suspensi ini benar baner akurat, tidak mungkin meleset. Namun, kelemahannya yaitu konstruksinya cukup rumit dengan harga yang cukup tinggi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait