menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Bumi di Rumah

Nivita Saldyni,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kegiatan Seru untuk Rayakan Hari Bumi di Rumah
Image: Hari Bumi (ilustrasi: Freepik)

 

Jakarta - Hari Bumi tahun ini jadi perayaan kedua di tengah pandemi COVID-19. Alhasil, berkumpul dengan komunitas secara langsung atau ikut terjun ke jalan rasanya belum aman ya, guys.

Tapi kamu tak perlu khawatir karena kita juga bisa kok merayakan Hari Bumi meski di rumah aja. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah dan jadi kesempatan bagus untuk lebih mencintai planet bumi tercinta.

Baca Juga: Mengintip Sejarah Hari Bumi 22 April dan Tema Hari Bumi 2021

Merangkum dari berbagai sumber, Urbanasia punya lima rekomendasi kegiatan seru yang bisa kamu coba bersama keluarga untuk merayakan Hari Bumi di rumah aja. Berikut daftarnya :

1. Menanam pohon

1619087995-menanam-pohon---freepik---jcomp(1).jpgSumber: Menanam pohon di Hari Bumi (Freepik/jcomp)

Kegiatan yang tak pernah absen dari peringatan Hari Bumi adalah gerakan menanam pohon. Jika kamu punya pekarangan yang cukup, cobalah untuk ikut gerakan menanam pohon di Hari Bumi ini.

Kamu bisa menanam pohon di pekaranganmu dan merawatnya dengan baik. Dengan begitu, kelak pohon yang kamu tanam akan memberi manfaat bagi kamu, bahkan generasi selanjutnya. Salah satunya memberikan oksigen dan udara bersih di lingkungan rumahmu.

2. Membuat kompos
Punya sisa makanan di dapur? Olah jadi pupuk kompos aja, guys. Kompos yang diolah dari sisa makanan atau sampah organik di rumah ini bisa kamu pakai untuk menyuburkan pohon yang sudah kamu tanam tadi.

Dengan membuat pupuk kompos, kamu sudah menjauhkan sisa-sisa makanan atau sampah organik lainnya tersebut dari tempat pembuangan sampah dan membantu mengurangi gas metana loh. 

Baca Juga: Dalam 2 Menit, Anies Baswedan Berhasil Pengaruhi PBB soal Dukungan Aksi Iklim

3. Membaca buku tentang lingkungan
Untuk kamu yang hobi membaca buku, merayakan Hari Bumi bisa dilakukan dengan membaca karya-karya inspiratif untuk membangkitkan kecintaan kita terhadap lingkungan dan bumi. Dikutip dari Local News Matters, ada beberapa karya menarik untuk dibaca di Hari Bumi.

Misalnya 'The Nation of Plants' karya Stefano Mancuso yang berkisah tentang posisi tumbuhan di rantai makanan.  Ada juga 'The New Climate War: The Fight to Take Back Our Planet' karya Michael E. Mann, profesor ilmu atmosfer di Penn State University yang membahas soal krisis iklim. 

Tak kalah menariknya ada buku 'Can I Recycle This?: A Guide to Better Recycling and How to Reduce Single-Use Plastics' karya pengacara sekaligus aktivis Jennie Romer, yang akan mengajarkan kita cara mendaur ulang lebih baik. Atau ada juga 'The Loneliest Polar Bear' karya mantan jurnalis San Francisco, Chronicle Kale Williams menceritakan kisah seekor beruang kutub yang terlantar.

4. Memasak makanan sehat 

1619088159-makanan-sehat---pixabay---silviarita.JPGSumber: makanan sehat (ilustrasi: Pixabay/silviarita)

Hari Bumi bukan berarti kita harus membersihkan lingkungan sekitar dan rumah kita aja nih guys. Hari Bumi juga mengajak kita menjaga tubuh kita agar sehat. Untuk itu bagi yang hobi memasak, kamu bisa membuat masakan-maskaan sehat untuk ikut merayakan Hari Bumi. Banyak resep makanan sehat yang bisa kamu temukan di internet. Kamu pun bisa memasak dengan anak atau pasanganmu agar lebih seru!

5. Membuat kerajinan dari barang tak terpakai
Untuk yang hobi membuat kerajinan, coba kumpulkan barang-barang bekas tak terpakai yang ada di rumahmu. Lalu, buat sebuah karya seni yang bermanfaat. Misalnya tempat sampah, pot, atau hiasan rumah lainnya. Kamu pun bisa menemukan ribuan ide kreasi barang bekas di internet.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait