menu
user
URstyle

5 Kombinasi Bahan Skincare yang Bahaya Jika Digunakan Bersamaan

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Kombinasi Bahan Skincare yang Bahaya Jika Digunakan Bersamaan
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Urbanreaders pastinya sudah sering mendengar beberapa kandungan dalam skincare seperti retinol, vitamin C, salicylic acid, ataupun AHA dan BHA. Bahan-bahan ini adalah bagian dari formula produk perawatan kulit wajah yang memiliki fungsi dan manfaat berbeda-beda.

Penggunaan skincare dengan bahan yang tepat, akan memberikan hasil sesuai yang kamu inginkan. Sebaliknya, kombinasi bahan yang kurang pas malah akan menambah masalah baru pada kulit kamu, guys.

Untuk itu, kamu mesti jeli melihat kandungan dalam skincare, agar tidak mencampurkan bahan-bahan yang berbahaya buat kulitmu. Dilansir dari skincare.com, berikut 5 kombinasi bahan dalam skincare yang mesti dihindari, menurut ahli dermatologi, Dr. Dendy Engelman.

1. Retinol + Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid

1614826966-kombinasi-skincare-bahaya2---freepik.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik)

Benzoyl peroxide, salicylic acid, dan beta hydroxy acid (BHA) umumnya terdapat pada skincare yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat.

Bahan-bahan tersebut tidak seharusnya digunakan bersamaan dengan skincare yang mengandung retinol. Saat kedua bahan tercampur, fungsi dan manfaatnya akan berkurang, sehingga masalah kulitmu tidak akan teratasi.

2. Retinol + AHA

1614827012-kombinasi-skincare-bahaya2---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik/jcomp)

Retinol, retinoid, dan alpha hydroxy acids (AHA), tidak semestinya digunakan bersamaan karena kombinasi bahan ini bisa bikin kulit kamu kering dan iritasi.

Campuran bahan-bahan aktif ini, menurut Dr. Dendy, dapat merusak sel-sel kulit yang sehat. Jika kamu perlu menggunakan bahan-bahan ini dalam produk skincare yang berbeda, maka sebaiknya kamu gunakan pada malam hari saja dan dipakai secara bergantian.

3. Citric Acid + Vitamin C

1614827068-kombinasi-skincare-bahaya---freepik-cookie-studio.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/cooki studio)

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Sementara asam sitrat atau citric acid biasanya digunakan pada produk-produk peeling dan eksfoliasi.

Penggunaan kedua bahan ini secara bersamaan, dapat mengakibatkan proses eksfoliasi yang berlebihan. Akibatnya, kulit akan mengalami peradangan dan iritasi, sehingga rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur.

4. AHA + BHA

1614827123-kombinasi-skincare-bahaya---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik/valuavitaly)

Alpha hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid, ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering dan juga penuaan dini. Sedangkan beta hydroxy acid (BHA) seperti salicylic acid, sangat tepat untuk mengatasi masalah jerawat, pori-pori besar, blackheads, dan bruntusan.

Tapi, mengkombinasikan kedua bahan ini akan mengakibatkan kulit menjadi sangat kering dan mengalami iritasi.

5. Vitamin C + AHA

1614827178-kombinasi-skincare-bahaya---freepik-jcomp.jpgSumber: Ilustrasi skincare. (Freepik/jcomp)

AHA memiliki fungsi eksfoliasi kulit. Namun, jika tercampur dengan vitamin C, maka fungsinya menjadi berkurang.  Menggunakan keduanya secara bersamaan akan membuat iritasi pada kulit dan menyebabkan kulit kering.

Karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan vitamin C di pagi hari dan AHA di malam harinya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait