Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Makanan Ini Jadi Penyebab Kanker Usus Loh

Itha Prabandhani,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Makanan Ini Jadi Penyebab Kanker Usus Loh
Image: Ilustrasi penderita kanker usus. (Freepik)

Jakarta - Gangguan yang terjadi pada organ pencernaan kita terutama usus, berhubungan erat dengan kebiasaan dan pola makan kita sehari-hari. Mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, dapat membuat usus rentan terhadap penyakit.

Karena itu, biar usus kamu tetap sehat, perhatikan asupan makanan kamu sehari-harinya. Terlalu sering mengonsumsi makanan tertentu, akan membuat usus kamu terserang penyakit berbahaya, di antaranya kanker usus. Berikut sederet makanan yang sebaiknya kamu hindari.

1. Daging Merah

1599198496-daging.jpgFreepik

Makanan yang seringkali menjadi penyebab munculnya kanker usus adalah daging merah. Daging merah yang dimasak dengan cara dibakar, dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, daging merah juga sebaiknya dihindari oleh para penderita kolesterol tinggi.

Saat kamu ingin mengonsumsi daging merah, selain membatasi jumlahnya, kamu juga sebaiknya mengimbanginya dengan sayuran kaya serat. Hal ini untuk membantu proses pencernaan lebih lancar.

2. Gula dan Karbohidrat Olahan

1599198530-gula.jpgFreepik

Gula dan karbohidrat olahan juga merupakan musuh besar buat kesehatan usus kamu. Kedua bahan ini merupakan ‘makanan’ buat sel-sel kanker, sehingga pertumbuhan sel kanker akan lebih agresif jika penderita terus mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan.

3. Makanan Olahan

1599198561-makanan-olahan.jpgFreepik

Makanan olahan seperti sosis, kornet, nugget, atau kentang goreng, juga berisiko mengakibatkan terjadinya kanker usus. Selain mengandung banyak pengawet dan perasa, makanan yang dikonsumsi dengan cara digoreng dengan banyak minyak atau dibakar, rentan menyebabkan kanker usus.

4. Makanan Kalengan

1599198588-makanan-kaleng.jpgFreepik

Selain mengandung bahan pengawet, gula, dan garam dalam jumlah besar, makanan kalengan juga rentan terkontaminasi bisphenol-A (BPA) dari kemasannya. Selain dari kemasan kaleng, makanan yang dikemas dalam plastik dan dibungkus dalam keadaan panas juga bisa terkontaminasi oleh BPA.

5. Makanan dari Tepung

1599198632-olahan-tepung.jpgFreepik

Tepung yang telah mengalami proses pengolahan, tidak banyak lagi mengandung serat dan nutrisi. Karena itu, makanan yang dibuat dari tepung termasuk gorengan, kue-kue, dan roti, dapat memberi asupan karbohidrat berlebih yang akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Karbohidrat akan dikonversi menjadi gula oleh tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan resistensi insulin.

Selain beberapa makanan tersebut, kamu juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi alkohol. Seseorang yang mengonsumsi alkohol lebih dari 2 kali dalam sehari lebih berisiko terkena kanker usus daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Alkohol dapat memperlambat proses perbaikan DNA, sehingga sel kanker dalam tubuh akan makin agresif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait