Jakarta - Kamu biasa membuang air bekas cucian beras? Mungkin kamu perlu mengubah kebiasaan ini, guys. Meski dianggap mengandung banyak kotoran, air beras sebenarnya punya banyak manfaat buat kecantikan kulit wajah kamu, loh.

Air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang dapat melindungi kulit wajah kamu dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Bahkan, air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kosmetik.

Buat kamu yang ingin mencoba perawatan alami wajah dari air beras, kamu perlu tahu beragam manfaat air beras untuk kecantikan wajah berikut ini.

1.       Mencerahkan Kulit

 

1599793305-mencerahkan.jpgSumber: Freepik

Kandungan gamma-oyzanol yang terdapat pada air beras dipercaya dapat membuat kulit wajah kamu tampak lebih cerah. Gunakan air beras untuk mencuci wajah kamu secara rutin dan lihat hasilnya setelah beberapa kali pemakaian.

2.       Memudarkan Flek Hitam

 

1599793313-flek-hitam.jpgSumber: Freepik

Selain memiliki efek mencerahkan kulit, air beras juga dapat membantu menyamarkan flek hitam di wajah kamu. Hal ini karena kandungan vitamin E dalam air beras dapat mengatasi masalah pigmentasi pada kulit kamu setelah pemakaian teratur.

3.       Menjaga Keremajaan Kulit

 

1599793333-anti-aging.jpgSumber: Freepik

Kandungan vitamin E dalam air beras selain membantu mengatasi flek hitam, juga bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit wajah kamu, guys. Vitamin E diketahui ampuh untuk melawan tanda-tanda penuaan diri yang sering muncul akibat paparan sinar matahari dan penggunaan kosmetik.

4.       Mengatasi Jerawat

1599793300-jerawat.jpgSumber: Freepik

Sari atau pati yang terdapat dalam air beras juga ampuh untuk mengatasi jerawat, loh. Kandungan allantoin yang terdapat di dalamnya, mampu membantu mengatasi jerawat. Allantoin merupakan senyawa antibakteri yang berfungsi efektif untuk menenangkan jerawat yang meradang.

5.       Mengontrol Sebum

1599793293-sebum.jpgSumber: Freepik

Mencuci muka secara rutin dengan air beras juga akan membantu wajahmu terbebas dari minyak berlebih. Kandungan allantoin di dalam air beras juga ampuh untuk mengontrol sebum di wajah, sehingga kulit wajah kamu terlihat lebih flawless.

Lalu, gimana sih cara memanfaatkan air beras untuk kecantikan?

Kamu bisa menggunakan dua cara berikut ini, guys.

-  Merendam Beras

1599793278-manfaat-air-beras3.jpgSumber: null

Ambil ½ cup beras dan bilas dengan air bersih sekali saja. Taruh beras di dalam sebuah wadah, lalu tambahkan 300ml air. Diamkan selama 30 menit, lalu saring airnya. Gunakan untuk mencuci muka.

- Merebus Beras

1599793271-manfaat-air-beras2.jpgSumber: Freepik

Ambil ½ cup beras lalu bilas dengan air bersih satu atau dua kali. Masukkan ke dalam panci dan tambahkan 500ml air. Panaskan dalam api sedang hingga mendidih. Saring airnya dalam sebuah wadah, lalu dinginkan. Usapkan air beras ke seluruh wajah sebagai masker lalu diamkan beberapa saat. Bilas hingga bersih.

Selamat mencoba, guys!

Komentar
paper plane