beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Kulit

Itha Prabandhani,
28 Mei 2021 19.43.54 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Kulit
Image: Ilustrasi habbatussauda. (Freepik/vandycan)

Jakarta - Urbanreaders pasti sudah pernah melihat produk kecantikan berbahan habbatussauda, kan? Habbatussauda atau jintan hitam adalah jenis rempah yang berbentuk butiran berwarna hitam. Habbatussauda mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan.

Selain berfungsi sebagai rempah-rempah yang memiliki manfaat buat kesehatan, ternyata habbatussauda juga dapat merawat kecantikan kulit kamu, loh.

Dilansir dari Byrdie, habbatussauda kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi. Karena itu, habbatussauda bagus buat merawat kulit yang berjerawat, berpori-pori besar, dan juga melawan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan flek hitam.

Umumnya, bahan alami yang satu ini juga cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, kamu nggak perlu khawatir akan mengalami iritasi maupun reaksi alergi. Habbatussauda dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti emolien, minyak, atau bahan pelembap alami lain seperti shea butter, ceramides, dan hyaluronic acid.

Lalu, apa saja sih manfaat habbatussauda buat kecantikan kulit? Berikut ulasan selengkapnya, guys!

Mengatasi Jerawat

1622119099-jerawat--freepik.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik)

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari bahan ini adalah keampuhannya mengatasi jerawat. Habbatussauda memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, mengangkat kotoran penyumbat pori, sekaligus meredakan kemerahan dan jerawat yang meradang. Selain itu, kandungan asam linoleat, vitamin E, asam amino dan nutrisi lain yang terdapat di dalam habbatussauda, dapat membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Melawan Tanda Penuaan

1622119083-tanda-penuaan---freepik-valuavitaly.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/valuavitaly)

Kamu mulai bermasalah dengan garis halus dan keriput? Jangan khawatir, guys. Manfaatkan kandungan vitamin A, B, dan C, di dalam habbatussauda yang akan membantu menjaga kelembapan alami kulit, membuatnya tetap elastis, sekaligus menangkal radikal bebas. Plus, bahan ini juga mengandung asam lemak yang baik untuk memudarkan kerutan dan garis halus.

Meratakan Warna Kulit

1622119028-meratakan-kulit---freepik-doucefleur.jpgSumber: Ilustrasi. (freepik/doucefleur)

Kulit wajah yang berflek hitam akibat bekas jerawat dan paparan sinar UV, dapat diatasi dengan penggunaan bahan perawatan wajah mengandung habbatussauda, guys. Habbatussauda mengandung vitamin E yang akan membantu mencerahkan warna kulit. Jika diaplikasikan langsung ke wajah, nutrisi dalam habbatussauda ini akan meresap ke bagian terdalam lapisan kulit sehingga membuatnya lebih sehat dan cerah.

Mengatasi Eksim

1622119070-eksim---freepik-psodaz.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/psodaz)

Gangguan kulit seperti eksim dapat diatasi dengan manfaat antibakteri yang terdapat dalam habbatussauda. Kamu bisa mengoleskan minyaknya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil setelah 4 minggu pemakaian rutin.

Mengontrol Sebum

1622119051-sebum---freepik-dimaberlin.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/dimaberlin)

Sebum atau minyak di wajah memang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika produksi sebum terlalu banyak, kulit akan terlihat berminyak dan gampang jerawatan. Kandungan yang terdapat pada habbatussauda, bisa membantu melawan racun-racun yang menempel di kulitmu lewat debu, kotoran, polusi atau paparan sinar matahari.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait