menu
user
URguide

5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan saat Menangis

Yunidar Kusumaningsih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan saat Menangis
Image: Ilustrasi menangis. (Pixabay/Karolina Grabowska)

Jakarta - Keseringan menangis dianggap sebagai sosok lemah dan terlalu kekanak-kanakan? Setuju nggak sih? Terlebih jika kamu seorang pria.

Klaim ini terjadi karena sejak kecil kita terbiasa dengan doktrin bahwa 'menangis' hanya untuk orang lemah. Faktanya, menangis itu sendiri memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan.

Selain itu, menangis merupakan cara alami untuk membantu mengurangi stres yang jika kamu biarkan justru akan memiliki efek negatif kepada tubuh.

Melansir medicalnewstoday, berikut adalah lima manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menangis!

1. Membantu Meredakan Rasa Sakit

Saat kamu menangis, maka tubuh secara alami melepaskan hormon endorfin dan oksitosin. Endorfin adalah zat kimia yang di hasilkan secara alami oleh tubuh yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Sedangkan oksitosin sendiri adalah zat kimia alami yang dapat memberikan rasa tenang. Ini sebabnya saat kamu selesai menangis, kamu jadi merasa lebih tenang dan nggak merasakan sakit untuk beberapa saat.

2. Detoksifikasi Tubuh

Urbanreaders, kamu tahu nggak sih? Kalau ternyata air mata sendiri punya beberapa jenis. Tiga diantaranya yaitu basal, refleks, dan emosional.

Air mata refleks mempunyai fungsi untuk mengeluarkan kotoran dari mata secara alami akibat paparan debu ataupun asap. Air mata basal ialah air yang umumnya ada di mata, setiap saat keluar untuk melumasi mata dan mencegah mata terkena infeksi.

Sedangkan, air mata emosional berfungsi untuk merespon emosi. Menurut penelitian, air mata emosional dapat membantu mengeluarkan hormon stres dan racun dari dalam tubuh.

3. Mencari Dukungan Orang Sekitar

Saat  menangis, secara nggak langsung kamu memberikan kode untuk orang sekitar, kalau kamu sedang membutuhkan sebuah perhatian maupun dukungan.

Sama halnya waktu kita kecil dulu, menangis adalah cara tubuh memberikan sinyal kalau kamu butuh kenyamanan dan kepedulian orang lain. Dengan kata lain, menangis juga dapat membangun jaringan dukungan sosial di saat sulit.

4. Suasana Hati Menjadi Lebih Positif

Pada waktu kamu menangis terisak-isak, kamu dapat menghirup udara lebih cepat. Proses menghirup udara secara cepat ini yang bisa membantu kamu untuk mengontrol sekaligus menurunkan suhu otak. 

Jika dibandingkan dengan otak yang panas, otak dingin lebih dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Efek yang bisa kamu dapatkan yaitu, suasana hati menjadi lebih baik setelah kamu menangis terisak-isak.

5. Mengembalikan Keseimbangan Emosional

Menangis bukan hanya terjadi saat kamu merasa sedih. Tapi terkadang kamu juga bisa menangis saat bahagia, takut, ataupun stres.

Menangis secara alami dapat mengembalikan keseimbangan emosional. Saat kamu menangis karena merasa sangat bahagia atau merasa takut menghadapi sesuatu, hal itu merupakan cara tubuh untuk dapat menetralkan diri dari terpaan emosi yang kuat.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menangis. Mulai sekarang kamu jangan lagi merasa malu untuk menangis ya, guys, sebab faktanya dengan menangis bisa cukup membantu kamu merasa lebih baik dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan secara fisik maupun psikologis.
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait