menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Resep Mixing Foundation ala Makeup Artist  

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Resep Mixing Foundation ala Makeup Artist   
Image: Freepik

Jakarta - Meski hadir dengan banyak pilihan shades maupun formula, foundation yang beredar di pasaran nggak selalu bisa menjawab masalah dan kondisi kulit wajah setiap orang. 

Karenanya, tak jarang, kamu perlu mengatur siasat agar foundation yang kamu punya dapat menghasilkan riasan yang sempurna.

Mixing atau mencampurkan foundation dengan foundation yang lain, formula lain, maupun produk makeup lain, dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantumu mendapatkan look yang kamu inginkan.

Idealnya, finish look dari foundation yang diharapkan adalah tidak cakey, glowing, cukup rata menutup kekurangan di wajah, tahan seharian, menempel sempurna di wajah, namun terlihat natural.

Nah, untuk mendapatkan hasil akhir yang kamu inginkan, berikut beberapa tips untuk meracik foundation dari Makeup Artist Andhika Lady. Yuk, dicoba guys!

1. Membuat Formula Dasar: liquid foundation + cream foundation

1612148271-formula-dasar.jpgSumber: Freepik

Ini adalah formula dasar mixing foundation yang paling sederhana. Kenapa kedua jenis foundation ini dicampurkan? 

Biasanya foundation cair punya karakter yang lebih sheer dan coveragenya kurang. Sementara, foundation cream kadang terlalu sulit di-blend. 

Karena itu, mencampurkan keduanya adalah solusi terbaik agar foundation kamu lebih mudah diaplikasikan secara merata, namun tetap mendapatkan coverage seperti yang kamu inginkan.

2. Finish Look Matte: liquid foundation + cream foundation + bedak tabur translucent

1612148279-finish-look-matte.jpgSumber: Freepik

Jika kamu lebih suka tampilan yang matte, kamu bisa coba campurkan ketiga bahan tersebut. 

Menambahkan bedak tabur translucent ke dalam campuran dua jenis foundation, akan membuat tekstur foundation kamu lebih padat dan lebih mudah menempel ke kulit. 

Racikan ini juga pas banget buat kamu yang lagi dalam proses perawatan kulit, di mana kondisi kulit cenderung licin, agak kemerahan, dan susah ditempeli foundation.

3. Finish Look Glowing dan Photo-ready: liquid foundation + cream foundation + shimmer gold

1612148288-finish-look-glowing.jpgSumber: Freepik

Tampilan makeup glowing kan lagi hype banget nih, guys. Nah, begini rahasianya untuk membuat tampilan glowing pada riasanmu. 

Gunakan tambahan shimmer atau glitter warna gold, pada campuran formula dasar. Kamu bisa menggunakan highlighter untuk menciptakan efek glitternya. 

Hasilnya, wajah kamu akan tampak glowy dan cantik banget saat difoto.

4. Finish Look Lebih Cerah : liquid foundation + cream foundation + concealer warna pink

1612148296-finish-look-cerah.jpgSumber: Freepik

Kalau kamu merasa kulit wajah kamu kusam dan terlihat kurang cerah, tambahkan concealer warna pink dalam campuran formula dasarmu. 

Jika kamu nggak punya concealer berwarna, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow matte sebagai color corrector.

5. Menutupi Wajah Kemerahan : liquid foundation + cream foundation + concealer hijau atau tosca

1612148253-menutupi-kemerahan.jpgSumber: Freepik

Untuk menutupi wajah yang kemerahan akibat paparan sinar matahari atau iritasi, kamu bisa menambahkan concealer berwarna kehijauan. 

Jika kamu nggak punya color corrector warna tersebut, kamu bisa gunakan eyeshadow matte berwarna kehijauan dan campurkan dengan formula dasar yang telah kamu buat.

Ingat ya guys, untuk memudahkan proses mixing ini, gunakan palet dan spatula yang bisa kamu beli di gerai-gerai kosmetik. Sebelum digunakan, pastikan kedua alat ini bersih dan bebas dari debu.

Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait