beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tafsir Mimpi Secara Umum, dari Mimpi Dikejar hingga Mimpi Kematian

5 Tafsir Mimpi Secara Umum, dari Mimpi Dikejar hingga Mimpi Kematian
Image: ilustrasi tidur (Foto: Freepik)

Jakarta - Dalam kondisi tidur, kamu mungkin sering mengalami mimpi yang beragam. Setidaknya mimpi jatuh dari ketinggian, dikejar,atau bahkan hingga mimpi telanjang di depan umum pernah kamu alami. Tentu hal ini membuat kamu penasaran sebenarnya apa maksud dari mimpi itu, bukan?

Ahli psikoanalisis terkenal, Sigmund Freud, pernah melakukan analisis terhadap simbol-simbol dalam mimpi. Ia menggambarkan mimpi sebagai 'jalanan kerajaan' menuju ketidaksadaran yang dapat mengungkap keinginan tersembunyi, bahkan tidak disadari dan mengarah pada gangguan yang didasari oleh rasa cemas.

Lalu apakah benar, dengan menganalisis dan mengartikan apa yang kita lihat dalam mimpi berarti mimpi tersebut memiliki makna tersembunyi? Bahkan menyiratkan keinginan kita di alam bawah sadar? 

Beberapa teori mimpi modern justru mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Mimpi mungkin memiliki komponen yang lebih biologis atau mimpi tersebut terjadi karena berkaitan dengan posisi tidur.

Namun hal ini tidak sedikit pun membuat para penafsir dan analis berhenti mengidentifikasi apa arti dari simbol-simbol dan tema yang tergambar dalam mimpi. Untuk itu, yuk simak beberapa tafsir mimpi paling umum sebagai berikut.

1. Mimpi Jatuh

Mimpi jatuh dari ketinggian sangat umum dialami banyak orang. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa jika kamu jatuh hingga mencapai dasar atau tanah di dalam mimpi, hal itu berarti bahwa kamu akan mati dalam kehidupan nyata, namun hal tersebut tidak benar adanya. Jadi apa arti sebenarnya?

Menurut banyak interpretasi mengenai mimpi ini, setidaknya satu penelitian menyebutkan bahwa mimpi jatuh adalah tanda bahwa sesuatu dalam hidupmu tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ini mungkin bisa memberimu isyarat bahwa kamu perlu mempertimbangkan kembali sebuah pilihan dalam beberapa hal yang saat ini mungkin sedang kamu pikirkan.

"Mimpi jatuh sangat umum. Ini adalah simbol ketakutan dalam kehidupan nyata dan mungkin kegagalan di tempat kerja atau dalam kehidupan cinta Anda," kata Russell Grant, penulis 'The Illustrated Dream Dictionary'. Dia menambahkan bahwa mimpi jatuh juga mengungkapkan bahwa kamu membutuhkan sedikit kebebasan untuk menikmati hidup. 

2. Mimpi Telanjang di Depan Umum

Apakah kamu pernah mengalami mimpi telanjang di depan umum? Seperti tiba-tiba muncul di sekolah atau kantor menggunakan setelan baju tidurmu? Jangan khawatir, karena mimpi tanpa busana di ruang publik jarang terjadi.

Menurut Penney Peirce, penulis 'Dream Dictionary for Dummies', menuturkan bahwa bermimpi tentang ketelanjangan di depan umum mungkin menunjukkan bahwa kamu merasa seperti orang yang fake atau lebih seperti refleksi gambaran ketakutanmu untuk mengungkapkan ketidaksempurnaan dan kekurangan yang kamu miliki.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait