menu
user
URstyle

5 Tips Agar Cat Kuku Nempel Lebih Lama

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Agar Cat Kuku Nempel Lebih Lama
Image: Tips Cat Kuku Nempel Lebih Lama. (Foto: Freepik/nomadsoul1)

Jakarta - Kuku yang cantik dan colorful bakal bikin penampilan juga makin kece. Ada banyak cara untuk merawat dan menghias kuku, salah satunya dengan pedikur dan memberi cat kuku atau kutek.

Tapi, kesel nggak sih, kalau cat kuku yang cantik mulai terkelupas atau tergores sesudah dua atau tiga hari aja? Biasanya ini terjadi kalau kamu melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci atau membersihkan rumah.

Terus gimana dong? Masak sih hanya karena pakai cat kuku, lantas kamu tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan bebas? 

Nah, jangan khawatir, guys. Urbanasia punya beberapa tips nih buat kamu biar cat kuku kamu nempel lebih lama dan gak gampang terkelupas. Yuk, intip caranya!

1. Gunakan Base Coat

1614132894-Basecoat.jpgSumber: Basecoat. (Foto: Freepik/starush)

Base coat adalah cairan pelindung cat kuku yang berwarna bening atau transparan. Setelah kamu membersihkan kuku dan menghaluskan permukaannya dengan buffer, aplikasikan base coat sebagai cat dasar dari warna kutek kamu. 

Base coat ini akan memberi lapisan di antara kutek dan kukumu, sehingga kutek dapat menempel lebih lama.

2. Gunakan Top Coat

1614132961-Top-Coat.jpgSumber: Top Coat. (Foto: Freepik/valuavitaly)

Top coat adalah cairan pelindung cat kuku yang mirip dengan base coat. Beberapa produk cat kuku mengeluarkan base coat yang juga dapat digunakan sekaligus sebagai top coat. 

Setelah selesai mengaplikasikan cat kuku dan membiarkannya kering, oleskan top coat di atas cat kuku dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. 

Top coat dan cat kuku yang kering secara alami biasanya akan lebih awet. Namun, kalau kamu menggunakan cat kuku gel, kamu akan membutuhkan sinar UV untuk mengeringkannya.

3. Pakai Hand Cream

1614133029-handcrem---freepik-ivankyryk.jpgSumber: Handcrem. (Foto: Freepik/ivankyryk)

Menggunakan hand cream dua kali dalam sehari akan membuat tangan kamu tetap terjaga kelembapannya dan kukunya pun akan terawat. 

Hand cream juga akan membuat kutikula tetap lembut sehingga tidak mengering dan membuat cat kuku terkelupas.

4. Jangan Lupakan Bagian Ujung Kuku

1614133098-Ujung-Kuku.jpgSumber: Ujung Kuku. (Foto: Freepik/valuavitaly)

Saat kamu mengecat kuku, aplikasikan cat tidak hanya di bagian atas kuku saja, namun juga bagian ujung depan kuku. 

Teknik ini akan membuat cat kuku terlihat lebih merata, sekaligus menghindari ujung kuku tampak ‘kosong’ saat kuku mulai tumbuh. Dengan mengaplikasikan cat kuku secara merata, kuku akan terus terlihat utuh saat mulai tumbuh.

5. Lindungi Kuku dengan Sarung Tangan

1614133142-Sarung-Tangan-freepik.jpgSumber: Sarung Tangan. (Foto: Freepik)

Saat kamu harus melakukan aktivitas sehari-hari yang bakal menggores kuku seperti memasak, mencuci piring, atau membersihkan barang-barang, sebaiknya gunakan sarung tangan. 

Melindungi kuku dengan sarung tangan akan menghindarkan gesekan cat kuku dengan barang-barang yang kamu sentuh, yang dapat membuat kutek kamu terkelupas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait