beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tips Ampuh Basmi Laron

Alfian Muntahanatul Ulya,
8 November 2022 15.59.43 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Ampuh Basmi Laron
Image: Ilustrasi Laron Mengitari Lampu (Freepik)

Jakarta - Musim penghujan identik dengan munculnya hewan laron. Serangan laron yang berkerumun ini biasanya bakal kita temui setelah hujan turun di bawah lampu karena mereka senang dengan cahaya terang.

Sebab berkerumun dan cenderung mengganggu, jadi sering kali banyak orang berusaha mengusir mereka dengan berbagai cara. Umumnya yakni dengan mematikan lampu. Dengan begitu mereka akan pergi dengan sendirinya.

Tapi, bagaimana jika kondisinya kita butuh penerangan, tapi juga nggak mau diganggu dengan kehadiran makhluk-makhluk kecil ini? Nggak perlu bingung, simak saja tips dari Urbanasia yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sediakan Seember Air

1656055513-air-keran.jpgSumber: Ilustrasi air keran. (Pexels/Steve Johnson)

Seperti yang sudah dibahas tadi, laron merupakan hewan yang sangat menyukai cahaya. Nah, kita bisa mengakalinya dengan cara ini, Urbanreaders. Kok bisa? Tentu saja bisa. Alasannya untuk menipu para makhluk kecil ini.

Caranya gampang banget, cukup sediakan satu ember atau baskom berisi air penuh lalu letakkan di bawah kerumunan laron.

Pantulan cahaya dari lampu ke air inilah yang akan membuat mereka tertipu dan terjatuh ke dalam air.

2. Gunakan Pestisida

1633078239-d06429c6b97b5c66e3e61606ae80b811.jpgSumber: ilustrasi pestisida (Pinterest/Cindy Wert)

Memang cara paling ampuh dan simple adalah dengan memanfaatkan keberadaan pestisida yang tinggal semprot untuk membasmi laron.

Bahkan jika kamu nggak punya pun, bisa membuatnya sendiri di rumah dari campuran bahan, seperti sabun cuci piring, air, dan beberapa tetes minyak peppermint.

Namun perlu diperhatikan ya, Urbanreaders, pastikan bahwa pestisida yang kamu pilih dan gunakan itu nggak mengandung bahan yang beracun untuk tetap melindungi perabotan rumah dan paru-parumu.

3. Menggantung Cabai

1665474175-cover-manfaat-makan-makanan-pedas.jpgSumber: Ilustrasi cabai makanan pedas. (Freepik/jcomp)

Mungkin kedengaran aneh dan asing, tapi nyatanya cara ini merupakan salah satu langkah yang cepat untuk mengusir laron. Bahkan kamu hanya perlu menyediakan cabai saja, bukankah sangat simple?

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menggantungkan beberapa cabai besar yang diikat menjadi satu. Setelah itu letakkan di dekat lampu yang biasa dikerumuni laron. Aroma cabai yang pedas dan menyengat ini efektif untuk membasmi mereka.

4. Tutup Ventilasi Rumah

1653401051-Membersihkan-kaca-jendela.JPGSumber: ilustrasi membersihkan kaca jendela (Foto: Pinterest)

Nggak ada kata terlambat untuk mencegah laron masuk ke dalam rumah. Jadi saat kamu mengetahui kalau setelah hujan bakal ada serangan laron, maka segeralah menutup pintu, jendela, dan ventilasi yang memungkinkan mereka bisa keluar masuk rumah dengan leluasa.

Sebisa mungkin jangan sampai ada bagian rumah yang terbuka untuk mengantisipasi kerumunan laron yang siap menyerbu. Jangan beri kesempatan mereka untuk mengganggu penerangan di rumahmu.

5. Basmi Sarang Laron

1667897736-ILUSTRASI.jpgSumber: Ilustrasi Laron Mengitari Lampu (Freepik)

Kamu tahu nggak kalau laron sebenarnya merupakan jelmaan rayap yang memasuki usia dewasa? Jika tidak, kamu baru saja dapat informasi baru. Cara yang efektif lain untuk membasmi laron yakni dengan memusnahkan sarangnya.

Sarang rayap ini biasanya ditemukan di tempat yang kering dan hangat. Sasaran empuk mereka biasanya perabotan rumah berbahan dasar kayu Jadi kamu bisa berusaha mencarinya di sekitar rumahmu. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait