beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tips Atasi Monday Blues yang Bikin Malas Kerja di Hari Senin

Itha Prabandhani,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Atasi Monday Blues yang Bikin Malas Kerja di Hari Senin
Image: Tips Mengatasi Monday Blues (ilustrasi: Pexels-Andrea Piacquadio)

Jakarta – Hari senin sering jadi hari yang berat buat sebagian orang. Nggak cuma saat kamu sekolah atau kuliah, tapi juga saat udah bekerja.

Pasalnya, setelah bersantai sepanjang akhir pekan, di hari Senin kita bakal memulai lagi semua rutinitas belajar ataupun bekerja. Alhasil, buat berangkat ke kampus atau kantor rasanya butuh mantra khusus biar kaki mau melangkah.

Nah, untuk mengatasi Monday Blues atau rasa malas yang muncul ketika hari Senin menjelang, Urbanasia punya beberapa tips buat kamu,nih. Yuk, disimak, Guys!

1. Sadari Masalah

1655030419-MondayBlues.jpgSumber: Mengetahui akar masalah akan membantu kamu menemukan solusi yang tepat (ilustrasi: Pexels-Mikhail Nilov)

Langkah pertama yang penting untuk kamu lakukan adalah menyadari apa masalah yang bikin kamu merasa enggan untuk pergi ke kampus atau kantor. Apakah kamu punya masalah dengan rekan kerja, malas bertemu seseorang di tempat kerja, atau tumpukan pekerjaan yang menanti?

Dengan menyadari apa yang menjadi masalah, kamu bisa mencoba mencari solusi dari masalahmu itu. Misalnya, menyelesaikan konflik dengan teman atau rekan kerja, atau mencari bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

2. Cicil Pekerjaan di Minggu Sebelumnya

1655030999-Cicil-Kerjaan.jpgSumber: Mencicil pekerjaan akan mengurangi tumpukan 'beban' di hari Senin (ilustrasi: Pexels-Pavel Danilyuk)

Buat kamu yang malas ngantor di hari Senin karena tumpukan pekerjaan atau beban kerja, baiknya kamu mengurangi beban ini dengan mencicil pekerjaan di minggu sebelumnya.

Usahakan untuk tidak menunda banyak pekerjaan di hari-hari terakhir minggu seperti hari Kamis atau Jumat, supaya kamu nggak harus melakukan banyak hal di hari Senin. Buatlah to-do list pekerjaan setiap harinya, dan lakukan sebagian tugas hari Senin di hari lain. Dengan begitu, hari Seninmu nggak terlalu berat.

3. Semangati Diri dengan OOTD 

1655033154-OOTD.jpgSumber: Penampilan maksimal bikin pede dan semangat naik (ilustrasi: Pexels - Alexander Suhorucov)

Biar lebih semangat pergi ke kampus atau kantor, bikin challenge buat dirimu sendiri untuk berpenampilan sekece mungkin setiap hari Senin.

Pilih outfit of the day (OOTD) yang bakal bikin kamu merasa cantik atau ganteng, percaya diri, dan sukses. Penampilan yang oke juga bisa bikin mood kamu jadi lebih positif, loh.

4. Putar Playslist yang Bikin Semangat

1655033052-Lagu.jpgSumber: Lagu favorit nggak pernah gagal jadi mood booster (ilustrasi: Pexels-Pavel Danilyuk)

Mendengarkan musik adalah salah satu mood booster yang ampuh. Karenanya, buat menghadapi Monday Blues, siapkan playlist dari penyanyi atau band kesayanganmu di aplikasi pemutar musik.

Jangan lupa, gunakan headset dengan kualitas baik biar alunan musikmu terdengar nyaman di kuping. Memutar musik penyemangat bisa menstimulasi pikiran kamu untuk lebih produktif dan bersemangat menghadapi tantangan di hari Senin.

5. Siapkan After-Work Plan

1655033342-After-Work.jpgSumber: Acara ngopi sehabis beraktivitas bisa jadi agenda seru di hari Senin (ilustrasi: Pexels - Marina Abrosimova)

Buat memotivasi diri menjalani hari Senin, kamu bisa menyiapkan agenda seru setelah bekerja. Nggak perlu yang ribet-ribet, cukup sesimpel beli dessert favorit, ngopi bareng teman, menonton serial drakor, atau cuci mata di butik langganan.

Kamu bisa melakukannya sendiri atau sama bestie-mu. Selain bisa melepaskan penat, memberi reward buat diri sendiri juga bakal bikin kamu bersemangat lagi untuk melewati minggu dengan lebih bersemangat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait