menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

5 Tips Lindungi Diri dari Serangan Hacker

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Lindungi Diri dari Serangan Hacker
Image: Ilustrasi WFH. Sumber: Pixabay/StockSnap.

Jakarta - Kerja dan belajar di rumah selama pandemi COVID-19 ternyata tak 100 persen aman guys. Banyak ancaman siber yang mengintai, salah satunya para hacker.

Yap, mungkin akhir-akhir ini Urbanreaders melihat toko online, influencer, atau bahkan teman kamu sendiri kena sasaran para hacker. Mulai dari akun media sosialnya, WhatsApp mereka, ataupun akun-akun lainnya. Nah hal ini juga bisa terjadi pada kamu loh guys, untuk itu penting untuk selalu waspada!

Kali ini, Urbanasia ingin berbagi dengan Urbanreaders tentang bagaimana sih cara melindungi akun-akun kita dari serangan hacker. Yuk simak beberapa tips yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber berikut ini: 
 
1. Pastikan memiliki password yang kuat di setiap akunmu


Dilansir dari Chubb, memiliki kata sandi atau password yang kuat adalah salah satu cara terbaik melindungi diri dari serangan hacker guys. Nah untuk membuat password kuat caranya mudah, pastikan setidaknya kamu punya delapan karakter dengan kombinasi huruf besar dan kecil. Kamu juga bisa sertakan angka atau karakter lain jika memungkinkan.

Catatan, jangan pernah gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda! Pastikan setiap akunmu punya password yang berbeda agar hacker tak bisa dengan mudah membobol berbagai akun kamu guys.

2. Jangan tunjukkan email akunmu sembarangan!

Content creator asal Indonesia, Clara C.R juga sempat membagikan tips terhindar dari hacker di akun Instagramnya. Salah satu tipsyang dibagikan Clara adalah dengan tidak menunjukkan email akun kamu guys.

Untuk membuat akun media sosial, kamu biasanya diminta mendaftarkan email kan? Nah, email yang terhubung dengan akunmu ini jangan sampai kamu tampilkan di akun tersebut. 

"Kenapa? Kalau mereka tahu email kamu, maka kemungkinan jadi korban akan makin besar. Bisa jadi dari email mereka hack email kamu dulu, baru akun media sosial, atau kirim link boongan (pishing)," kata Clara.

Ia pun menyarankan untuk kamu yang ingin menyertakan email di akun media sosial untuk contact person, kamu bisa gunakan email lainnya guys. Usahakan jangan pakai email yang sama yang terhubung ke akun tersebut, ya!

3. Bersikap skeptis setiap menerima link

Hacking bisa terjadi dengan berbagai cara, salah satunya dengan membagikan link palsu yang mirip dengan situs aslinya. Untuk itu Chubb juga menyarankan jangan mudah percaya dengan setiap link ataupun lampiran yang kamu terima, dari siapapun! Kalau kamu tidak yakin atau ragu dengan sumbernya, jangan akses link tersebut!

Jadi, sebelum mengakses link yang diberikan, pastikan dulu siapa pengirimnya. Dan pastikan link yang kamu akses benar-benar dari sumber aslinya ya, guys.

4. Bersihkan data digital

Melansir dari situs Inc, menjaga keamanan data adalah salah satu kunci terhindar dari serangan hacker. Untuk itu, penting membersihkan file digital kamu dan menyimpannya di tempat yang aman. Hal ini menghindari kemungkinan terburuk saat perangkat kamu dicuri atau hilang.

Jika data bersifat sensitif atau pribadi, Inc menyarankan kamu untuk menyimpannya secara offline atau menghapusnya jika sudah tak dibutuhkan lagi.

5. Pilih dan gunakan aplikasi yang terpercaya

Selalu pastikan mengunduh dan mengakses hanya aplikasi yang terpercaya dan punya reputasi baik. Apalagi saat ini juga marak penipuan dengan modus lewat aplikasi, kan?

Nah, kamu juga bisa nih meluangkan waktu untuk selalu memperbarui perangkat lunak dan aplikasi kamu secara teratur. Hapus dan bersihkan data di aplikasi lama yang sudah tak pernah kamu gunakan lagi.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait