Hot News

Jakarta - Memiliki kulit yang sensitif dan berjerawat, memang perlu perlakuan yang khusus, termasuk pada pemilihan produk sunscreen atau tabir surya. Pasalnya, beberapa bahan dalam produk sunscreen mungkin tidak sesuai dan dapat menyumbat pori-pori kamu. Alhasil, penggunaan produk ini pun malah memicu timbulnya jerawat baru. Duh! Ngeselin banget, kan?

Karenanya, kamu mesti cermat dalam memilih produk perawatan kulit yang satu ini. Nah, biar aman dan nyaman dalam menggunakan tabir surya, berikut beberapa tips yang perlu kamu ketahui dalam memilih produk sunscreen.

Berbahan Dasar Mineral

1593567444-sunscreen3.jpgSumber: Freepik

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, sunscreen berbahan dasar mineral yaitu titanium dioksida dan zink dioksida, dinilai lebih aman buat kulit. Kedua bahan ini tidak akan menimbulkan reaksi alergi dan iritasi begitu terserap oleh kulit.

Berbahan Non-Comedogenic

1593568219-sunscreen4.jpgSumber: Freepik

Saat membeli sunscreen, pastikan kamu menemukan label bertuliskan non-comedogenic dalam kemasannya. Produk berbahan non-comedogenic telah diformulasikan secara khusus agar tidak menyumbat pori-pori yang menjadi pemicu jerawat. Selain itu, produk yang oil-free dan tidak mengandung parfum juga baik untuk mencegah iritasi kulit.

Tekstur Ringan

1593568225-sunscreen5.jpgSumber: Freepik

Produk sunscreen memiliki tekstur yang beragam seperti lotion atau krim. Produk bertekstur krim dan lotion yang kental, lebih cocok buat pemilik kulit normal dan kering. Sebaliknya, buat kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, tekstur yang terlalu kental justru akan berefek buruk buat kulitmu.

Karena itu, sunscreen berbentuk cairan, gel, atau semprotan lebih aman buat kamu gunakan. Jenis sunscreen seperti ini sangat mudah terserap kulit tanpa menutup pori-pori.

Memiliki Perlindungan terhadap UVA dan UVB

1593567467-sunscreen6.jpgSumber: Freepik

Sinar matahari memancarkan dua jenis radiasi, yaitu UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, serta memicu penyakit kanker. Sementara itu, sinar UVB dapat membuat kulit kamu menjadi gelap dan terbakar.

Pastikan jenis sunscreen yang kamu pilih memiliki perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB agar kamu dapat terhindar dari masalah-masalah kulit tersebut.

Memiliki SPF maksimal 30

1593567482-sunscreen7.jpgSumber: Freepik

SPF atau Sun Protection Factor adalah kadar kemampuan produk dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Makin tinggi tingkat SPF, makin besar perlindungannya terhadap kulit kamu. Namun, produk dengan kandungan SPF yang tinggi biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dan lengket.

Karena itu, kamu tidak disarankan menggunakan produk dengan SPF lebih dari 30, agar formulanya tidak membuat kulitmu makin lembap dan berminyak, sehingga dapat memicu munculnya jerawat. 
 


Loading ..