Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Tips Menerima Kritik Menyakitkan dari Bos

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Menerima Kritik Menyakitkan dari Bos
Image: Ilustrasi kritik. (Freepik)

Jakarta - Kritikan itu sebenarnya bagus dan punya tujuan baik. Namun tak jarang, orang yang dikritik sakit hati. Apalagi kalau kritikannya datang dari orang yang lebih punya power, bos misalnya.

Di kantor seorang bos tentu akan menilai kinerja karyawannya. Dan hasil penilaian kinerja itu bisa berupa kritikan. Dan kebanyakan kritik memang tiba enak didengar, bahkan ada yang sampai menusuk hati, meskipun niatannya baik.

Misalnya kamu yang dikritik bos, ada 5 tips yang bisa kalian ikuti nih untuk menanggapi kritikan menyakitkan dari bos secara profesional seperti dikutip dari Inc, Kamis (2/12/2021).

1. Lihat Seobjektif Mungkin

1599532983-zodiak-gak-suka-dikritik5.jpgSumber: Ilustrasi kritik. (Freepik)

Kritikan dari bos bisa datang ke tim atau langsung ke personal. Ketika menerima kritikan, langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu kendalikan emosi dan tenangkan diri kamu. Setelahnya cobalah untuk tidak mengambil kritikan itu ke pribadi. 

Sadarilah bahwa yang dikritik adalah tindakan dan kinerja kamu, bukan diri kamu. Jadi cobalah untuk melihat situasi seobjektif mungkin.

2. Coba Mengerti Niatan Bos Kamu

1599532882-zodiak-gak-suka-dikritik.jpgSumber: Freepik

Sebelum terlalu marah pada atasan, cobalah untuk memahami niat atasan kamu. Coba lihat apakah dia kesal dengan kinerja kamu dan mencoba membantu memperbaikinya? Atau dia memang nggak suka sama kamu makanya berkata hal-hal buruk? 

3. Renungkan Kritikannya

1635229941-karyawan.jpgSumber: Ilustrasi karyawan kantor (Free photos/Pixabay)

Setelah atasan selesai melontarkan kritikannya, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan apa yang sebenarnya bos kamu itu maksudkan. Kalau kemudian kamu sudah memahami maksud kritikannya, lakukan sesuai yang diminta atasan kamu.

4. Jelaskan Perspektif Kamu

1603275835-tipe-bos6.jpgSumber: Ilustrasi tipe bos. (Freepik)

Ketika mendapat kritikan, kamu juga perlu menjelaskan pada atasan perspektif kamu. Tapi lakukan setelah kamu tenang, soalnya kalau lagi marah perspektif kamu justru akan menyerang. Jadi setelah tenang, beri tahu ke atasan penjelasan kamu terkait hal yang dikritik.

Misalnya bos mengkritik hasil kerjaan kamu kurang memuaskan. Nah, kamu bisa menjelaskan alasan kenapa pekerjaanmu nggak memuaskan. Apakah lingkungan kerjanya toxic, apakah peralatan untuk kamu bekerja tidak memadai, atau alasan lainnya.

5. Berikan Rencana Perubahan

1603202867-karyawan-baru2.jpgSumber: Ilustrasi karyawan. (Freepik)

Kamu sudah berdialog nih sama bos kamu soal perspektif kamu. Setelahnya berikan rencana tindakan kamu untuk mengubah hal-hal yang tadi dikritik oleh bos kamu. 

Kalau misalnya bos kamu sudah membeberkan hal-hal yang perlu kamu ubah, maka kamu tinggal membuktikan ke atasan bahwa kamu termotivasi untuk membuat perubahan positif. 

Itu dia 5 tips yang bisa kalian ikuti untuk menanggapi kritikan dari bos. Selamat mencoba!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait