menu
user
URstyle

5 Tips Pakai Masker Agar Terbebas dari Maskne

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Pakai Masker Agar Terbebas dari Maskne
Image: Ilustrasi maskne (Freepi/Freepik)

Jakarta - Maskne alias mask acne adalah masalah jerawat yang muncul karena penggunaan masker wajah. Masalah kulit yang satu ini menjadi masalah baru yang muncul sejak pandemi mewajibkan kita terus menggunakan masker.

Area yang tertutup masker dalam waktu lama, sering kali jadi lebih lembap karena keringat dan minyak, sehingga bakteri nyaman berada di situ. Akhirnya, jerawat pun bermunculan. Untuk mengatasinya, selain menggunakan skincare yang tepat dan mengurangi penggunaan makeup, kamu juga perlu menggunakan masker dengan tepat, guys.

Nah, buat kamu yang juga bermasalah dengan maskne, berikut beberapa tips agar kamu terhindar dari maskne, seperti dilansir dari Healthline. Yuk, disimak, guys!

1. Ganti Masker Setiap 4 Jam

1600486821-cara-tegur-orang-gak-pakai-masker2.jpgSumber: Ilustrasi pakai masker (Freepik)

Agar masker kamu tetap bersih dan higienis, gantilah masker kamu setiap 4 jam sekali. Untuk itu, selalu bawalah dua atau tiga masker saat kamu bepergian dan gantilah dengan yang baru setelah kamu menggunakannya selama 4 jam.

2. Pilih Bahan Katun yang Lembut

1594016435-ilustrasi-pakai-masker-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi pakai masker kain. (Pixabay)

Kalau kamu menggunakan masker kain, pilihan bahan juga penting untuk diperhatikan, guys. Hindari bahan yang terlalu tebal dan kasar. Sebaliknya, pilihlah kain dari bahan katun yang lembut. Jenis bahan ini akan membuat kulitmu lebih bebas bernapas dan tidak akan menimbulkan gesekan dengan kulit wajah, sehingga aman dari iritasi.

3. Pilih Model yang Nyaman

1598763080-masker-freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat karena pemakaian masker. (Freepik)

Untuk menghindari timbulnya maskne, kamu bisa memilih masker kain dengan model EVO atau model 3D, yang memiliki ruang cukup lega di area depan mulut dan hidung. Masker jenis ini tak hanya membuatmu lebih bebas bernapas, tapi juga memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan begitu, area sekitar mulut dan hidung kamu tidak terlalu lembap, sehingga tidak memicu munculnya bakteri.

4. Pewarna Alami

1613899524-bahan-katun---freepik-lazartivan.jpgSumber: Ilustrasi masker kain berwarna (Freepik/lazartivan)

Saat ini banyak sekali masker kain yang dipasarkan dengan berbagai desain dan warna menarik. Namun, buat kamu yang berkulit sensitif, masker dengan pewarna bisa menimbulkan iritasi dan breakout. Lebih baik, pilihlah masker kain yang polos atau yang menggunakan pewarna alami.

5. Cuci Masker Berkala

1613899830-cuci---freepik-nirat.plx.jpgSumber: mencuci masker kain (Freepik/nirat.plx)

Idealnya, masker kain perlu dicuci setiap kali selesai digunakan. Dengan begitu, kamu selalu menggunakan masker yang bersih dan steril setiap hari. Masker yang bersih dan higienis akan menghindarkan kamu dari bakteri penyebab munculnya jerawat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait