beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Trik Membersihkan Noda pada Bahan Suede

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Trik Membersihkan Noda pada Bahan Suede
Image: ilustrasi tas suede (Foto: Pinterest/Mark & Graham)

Jakarta - Dinilai mirip dengan bahan yang terbuat dari kulit, bahan suede kerap digunakan sebagai dasar dari pembuatan sejumlah fashion item, seperti tas dan sepatu. Namun, bahan ini memerlukan teknik khusus dalam merawatnya nih, Urbanreaders. 

Fashion item berbahan dasar suede memiliki tekstur lembut dan tipis, sehingga kamu nggak boleh asal-asalan ketika membersihkannya ya. Sebab, bahan ini dinilai mudah rusak jika sering terkena air. 

Well, bagaimana cara merawatnya? Yuk, simak tips membersihkan noda pada tas suede berikut ini!

1. Gunakan Cuka Putih

1656574094-Cuka-putih.jpegSumber: Cuka putih (Foto: Freepik/zarinalukash)

Kandungan yang ada pada bahan dapur yang satu ini dinilai ampuh untuk membersihkan sejumlah noda membandel yang ada di pakaian ataupun tas kamu loh. 

Caranya dengan mengoleskan cuka putih sedikit demi sedikit ke perumakaan tas yang terdapat titik noda. Kemudian, kamu bisa menggunakan kain atau handuk lembut untuk mengelapnya.  

2. Oleskan Bedak

1656574166-Ilustrasi-bedak.jpegSumber: bedak (Pinterest/Ramshackle Glam)

Bedak bisa membantu tas suede kamu lebih awet dan tetap terlihat cantik walaupun sering kamu pakai. Bahan ini bisa membantu menghilangkan noda cair yang ada di permukaan tas kamu nih.

Kamu bisa menaburkan bedak di area atau titik yang terkena noda basah. Setelah itu, jangan langsung dibersihkan. Tunggu semalaman hingga kering, lalu bersihkan menggunakan kain lembut. 

3. Gunakan Sikat Gigi

1656574272-Sikat-gigi.jpegSumber: Sikat Gigi (Foto: Pinterest/Nordic House)

Sejumlah orang akan mengandalkan sikat untuk membersihkan berbagai noda yang ada di permukaan barang mereka. Namun, kamu perlu menggunakan sikat lembut seperti sikat gigi untuk barang yang berbahan suede.

Kamu bisa menggunakan benda ini ketika tas kamu kotor terkena debu ataupun pasir. Usahakan sikat gigi yang kamu gunakan dalam keadaan kering ya, Urbanreaders.
 
4. Gunakan Penghapus Khusus 

1656574339-Penghapus.jpegSumber: Penghapus noda di bahan suede (Foto: Pinterest/Trendyfinds)

Jika berbagai cara tadi sudah kamu lakukan namun masih kurang maksimal, kamu bisa memanfaatkan penghapus khusus bahan suede untuk membersihkan sejumlah noda di permukaan nih.

Namun, kamu juga bisa loh menggunakan penghapus pensil untuk membersihkan nodanya. Ingat, harus tetap berhati-hati ya!

5. Lindungi dengan Semprotan

1656574402-Ilustrasi-semprotan.jpegSumber: semprotan (Pinterest/Tiffany Schweikhart)

Setelah membersihkan tas berbahan suede dengan berbagai cara, kamu harus melindunginya agar tetap terlihat bersih dan lebih awet. Jadi, kamu tidak perlu terlalu sering membersihkannya. 

Kamu bisa melindungi permukaan tas kamu dengan semprotan khusus nih. Benda ini bisa membuat tas kamu terhindar dari berbagai debu dan kotoran. 

Nah, itulah lima tips membersihkan tas berbahan suede. Selalu rawat barang kamu dengan baik ya, agar tetap awet dan terlihat seperti baru!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait