beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

6 Alasan Sebaiknya Kamu Nggak Berteman dengan Mantan

Itha Prabandhani,
14 April 2020 21.00.01 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Alasan Sebaiknya Kamu Nggak Berteman dengan Mantan
Image: Ilustrasi berteman dengan mantan. (Freepik)

Jakarta - Sesudah hubungan berakhir, apalagi kalau putusnya “baik-baik”, kadang kita merasa bingung bagaimana harus bersikap dengan sang mantan.

Perasaan kita pun terombang ambing antara ingin menyembuhkan luka hati atau siap untuk move on dan berteman biasa dengan mantan pacar.

Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa berteman dengan mantan itu bukanlah ide yang baik loh, guys.

Ada beberapa alasan yang mendasarinya, seperti alasan berikut ini!


1. Perasaan Tidak Bisa Dikontrol

Perasaan adalah sesuatu yang abstrak yang akan muncul dengan sendirinya. Tidak ada tombol on maupun off untuk mengontrolnya. Karena itu, kamu tidak akan bisa menjamin bahwa perasaan kamu akan lempeng-lempeng saja kalau kamu berteman dengan mantan.


2. Lebih Sulit Move On

Masih terlibat dengan mantan akan membuat kamu lebih sulit untuk move on. Ini dikarenakan kamu telah dapat memenuhi kebutuhan emosionalmu dengan berkomunikasi, hang out, ataupun menghabiskan waktu dengan mantan.

Sehingga, kamu tidak akan terdorong untuk memulai hubungan dengan orang lain.


3. Mantan Mungkin Masih Punya Perasaan

Kamu yakin bahwa kamu sudah tidak memiliki perasaan lebih padanya. Tapi, bagaimana dengan dia? Jika mantan masih memiliki perasaan yang sama, hubungan “pertemanan” ini hanya akan menyiksa dia. Apalagi jika kamu yang mengakhiri hubungan ini.


4. Bisa Menyakiti Diri Sendiri

Sebaliknya, jika kamu masih menyimpan perasaan pada mantan, hubungan pertemanan akan membuatmu sakit hati sendiri, guys. Kamu mungkin akan melihat dia flirting dengan orang lain atau melakukan hal-hal yang dulu kamu larang. Yakin kamu bisa menghadapi itu?


5. Berpotensi Jadi Hubungan “On and Off”

Menjalin kedekatan dengan mantan akan berpotensi membuat hubungan “on and off” dengannya. Secara resmi kalian sudah tidak bersama namun realitasnya tidak demikian.

Hubungan semacam ini juga bisa membuat kamu atau dia menyepelekan komitmen saat sedang merasa “off”. Lalu, hubungan akan “on” kembali saat salah satu butuh perhatian atau lagi kesepian. Duh! Males banget nggak, sih?


6. Nggak Ada Manfaat yang Berarti

Kecuali mantan kamu adalah juga partner bisnis kamu atau pemegang saham utama di perusahaan yang kamu bangun, berteman dengan dia nggak akan memberikan manfaat yang berarti.

Kalau kamu butuh teman yang asyik diajak jalan, lawan diskusi yang menarik, atau orang yang memiliki bakat unik, kamu pasti bisa menemukannya pada diri orang lain.

So, gimana menurut kamu, guys?

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait