menu
user
URtech

6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Smartphone Android
Image: Ilustrasi smartphone. Sumber: Pixabay/bohed

Jakarta - Urbanreaders mau menjual smartphone Android lama kamu dan menggantinya dengan yang baru? Jangan asal melepaskan ke 'tangan' baru sebelum melakukan beberapa hal penting guys.

Beberapa hal penting ini harus kamu lakukan untuk memastikan semua data pribadi kamu aman dan tak tertinggal di smartphone lamamu. Berikut tips sebelum menjual Android yang Urbanasia lansir dari berbagai sumber.

1. Cadangkan data

Menyimpan cadangan data aplikasi, baik dari permainan, kontak, foto, video sampai bookmark browser web ke akun Googlemu penting banget loh. Sehingga saat kamu menghapus semua data pribadi di Androidmu, kamu masih memiliki salinannya.

Caranya, buka akun Googlemu, pilih Pengaturan lalu klik Akun (ketuk Google) dan pilih akun Google. Kemudian centang semua yang ingin kamu sinkronkan. Kamu juga bisa mencadangkan password Wi-Fi dan pengaturan perangkat lainnya. Klik Pengaturan di akun Googlemu, pilih Cadangkan & Setel ulang, lalu Cadangan perangkat dan centang Cadangkan ke Google Drive.


2. Buat cadangan riwayat teks dan juga panggilan

Untuk mencadangkan pesan teks dan log panggilan, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus yang bisa menyimpan ke file yang dapat diunggah secara otomatis ke email kamu. Beberapa aplikasi pencadangan teks dan log panggilan juga bisa membantu kamu mentransfer data ke handphone barumu. Aplikasi ini bisa banyak kamu temukan di Playstore.


3. Pastikan sudah keluar dari seluruh akun pribadimu

Menjual smartphone tanpa mengeluarkan akun pribadi di berbagai aplikasi tentu sangat berbahaya. Bisa-bisa ada tangan jahil yang menyalahgunakan akunmu dan melakukan penipuan.

Nah agar hal ini tak terjadi, kamu harus memastikan semua akun pribadi yang ada di perangkatmu telah dibersihkan. Hapus semua akun yang pernah masuk lewat perangkat tersebut. Bersihkan semuanya agar tak ada yang masuk akunmu menggunakan perangkat tersebut.


4. Enkripsi data-datamu

Setelah mencadangkan dan mengamankan semua data pribadimu, kini saatnya menghapus semuanya dari perangkat tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua data pribadimu sudah tak tertinggal.

Dengan melakukan enkripsi data maka seseorang yang ingin melihat data apa pun di perangkat lamamu akan membutuhkan kata sandi untuk mendekripsinya. Untuk mengenkripsi data, kamu bisa buka Pengaturan di perangkatmu, pilih Keamanan lalu klik Enkripsi ponsel. 


5. Pastikan SIM Card dan Memory Card sudah keluar

simcard.jpgSumber: Sim Card /flickr

Mungkin Urbanreaders mengira ini hal sepele. Namun ternyata tak sedikit yang kadang melupakan hal sepele ini. Untuk itu pastikan sebelum menjual smartphone Androidmu, SIM Card dan Memory Card sudah ada di tanganmu.

6. Lakukan reset pabrik

Setelah kamu merasa sudah melakukan semua langkah-langkah di atas, saatnya kamu menghapus perangkatmu. Pada perangkat Android seperti seri Pixel, kamu cukup buka Pengaturan, pilih Sistem, klik Lanjutan, pilih Atur Ulang dan Hapus semua data (atur ulang pabrik).

Setelah itu, semua yang ada di perangkat kamu akan terhapus secara permanen dan mengembalikan software seperti semula saat awal kamu membelinya. Ingat! Pastikan hal ini kamu lakukan di akhir setelah data pribadi telah disalin.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait