menu
user

Jakarta - Yang lagi jomblo mana suaranya, nih? Apakah kamu sering dilanda kesepian dan rasa galau karena tak punya pasangan? Atau malah sampai udah lupa rasanya punya pacar saking lamanya menjomblo?

Menjadi seorang jomblo memang bisa bikin nggak nyaman buat sebagian orang. Karena itu, ada yang nggak tahan untuk menyandang status jomblo terlalu lama dan segera berpaling ke lain hati supaya nggak galau terus.

Tapi, apakah cepat berpindah hati adalah cara terbaik untuk menyingkirkan rasa kesepian dan galau? Nggak juga, guys. Menjalani hubungan baru yang terlalu cepat hanya karena nggak mau sendiri, bisa membuatmu terjebak pada rebound love atau cinta pelampiasan. Pastinya, hubungan semacam ini nggak sehat dan malah bisa berisiko bikin kamu sakit hati lagi.

Nah, biar kamu bisa tetap happy dan positif meski menjomblo, Urbanasia punya beberapa tips nih buat kamu. Yuk, disimak, guys!

1.       Lupakan Masa Lalu

1601802609-lupakan-masa-lalu.jpgSumber: Freepik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuang jauh-jauh masa lalu kamu. Jangan gampang baperan dengan hal-hal yang mengingatkan kamu pada mantan, kisah indah masa lalu, ataupun sakit hatimu dulu.

Hiduplah di masa sekarang dan nikmati setiap momen yang terjadi dalam hidupmu saat ini sebagai sesuatu yang indah. Terus membawa kenangan masa lalu hanya akan membuatmu terjebak pada perasaan kecewa, gagal, sedih, dan sulit move on.

2.       Lakukan Hal-hal yang Kamu Sukai

1601802630-lakukan-hal-yang-disukai.jpgSumber: Freepik

Menjadi jomblo adalah saat di mana kamu bebas melakukan apa saja yang kamu sukai. Kamu nggak harus minta ijin sama pacar untuk nongkrong seharian di kafe sama teman-teman dan nggak ada yang bakal ngambek kalau kamu lagi ingin puasa gawai dan mematikan ponsel seharian.

Jadi, temukan hal-hal yang dulu pernah kamu sukai tapi sudah lama nggak kamu lakukan lagi. Misalnya, melanjutkan serial drama korea yang tertunda, bermain game favorit kamu, atau sekadar tidur sepanjang hari di akhir minggu. Manjakan dirimu dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bikin kamu merasa lebih ‘hidup’.

3.       Kembangkan Keahlian

1601802623-kembangkan-keahlian.jpgSumber: Freepik

Jangan cuma game aja yang naik level terus, guys. Skill dan keahlian kamu juga mesti diasah terus. Nah, biar kamu jadi jomblo berkualitas, terus tingkatkan kemampuan dirimu. Misalnya, kalau selama ini kamu suka iseng bikin desain-desain grafis, kenapa nggak mencoba menjadikannya sebagai hobi yang menghasilkan?

Atau, kamu juga bisa menambah ilmu baru dengan belajar sesuatu yang di luar kebiasaanmu seperti fotografi, menari balet, membuat art cake, atau membuat pottery. Dengan menambah deretan skill baru yang kamu kuasai, kamu akan merasa lebih positif dan menghargai diri sendiri.

4.       Lakukan Aktivitas Sosial

1601802616-kegiatan-sosial.jpgSumber: Freepik

Kedengarannya klise ya, guys? Tapi, ini bener banget, loh. Melakukan sejumlah aktivitas sosial seperti ikut kelompok pecinta binatang, lingkungan hidup, atau aksi sosial kemasyarakatan, bakal bikin batin kamu merasa damai dan bahagia. Kamu bisa mulai dari komunitas di lingkungan keagamaan atau organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada di sekitarmu.

5.       Pelihara Binatang

1601802638-pelihara-binatang.jpgSumber: Freepik

Memiliki binatang peliharaan -kalau kamu belum punya- juga bisa jadi cara yang ampuh untuk mengusir kesepian, guys. Binatang peliharaan akan membuatmu memiliki rutinitas harian yang menyenangkan, seperti memberinya makan, memandikan, membersihkan kendang atau tempatnya, dan bermain-main dengannya. Selain itu, binatang peliharaan juga sangat pintar untuk membuat mood kita kembali bersemangat hanya dengan melihat tingkah lucunya.

6.       Perbanyak Teman

1601802645-perbanyak-teman.jpgSumber: Freepik

Cobalah untuk memperluas pergaulanmu dari kalangan yang lebih bervariasi. Kalau mungkin selama ini kamu cuma hangout dengan teman kampus, teman sekolah, atau teman kerja, carilah komunitas baru yang bikin kamu mengenal lebih banyak orang.

Teman baru akan membuat kamu menemukan cerita baru yang menarik dan bakal menghiburmu setiap hari dengan hal berbeda. Tapi, jangan asal mencari komunitas ya, guys. Pastikan kegiatannya positif dan membuat kamu jadi jomblo yang nggak pernah kenal kata kesepian.

 

Komentar
paper plane