beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

6 Kebiasaan Penyebab Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Itha Prabandhani,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Kebiasaan Penyebab Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini
Image: Ilustrasi penuaan dini. (Pixabay)

Jakarta - Kulit yang mengalami tanda-tanda penuaan biasanya akan muncul flek hitam, tampak kusam, kering, dan mulai memiliki garis halus maupun keriput. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kita memasuki usia 40an. Namun, jika tanda-tanda tersebut muncul di usia 20-an, artinya kamu mengalami penuaan dini, guys.

Penuaan dini terjadi karena beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, debu, polusi udara, gaya hidup, dan juga faktor genetika atau keturunan. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, kamu mesti mengenali hal-hal yang menjadi penyebabnya, guys. Simak ulasan berikut ini, ya?

1. Merokok

1596710040-merokok.jpgIlustrasi merokok. (Freepik)

Kandungan dalam rokok, tidak hanya membahayakan kesehatan kamu, namun juga bisa merusak tampilan kulit kamu dari luar. Asap rokok bisa membuat kulitmu kering, cepat menjadi keriput, dan terlihat kusam.

2. Sinar Matahari

1596710073-sinar-matahari.jpgIlustrasi terkena sinar matahari. (Freepik)

Sinar UVA dan UVB dari matahari memang bisa jadi musuh terbesar kulit. Sinar-sinar ini akan merusak DNA dalam sel-sel kulit, sehingga bikin kulit kamu muncul flek hitam, keriput, dan sensitif.

3. Tidur Tak Berkualitas

1596710172-tidur-tak-berkualitas.jpgIlustrasi. (Freepik)

Saat kamu tidur, tubuh akan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak. Namun, kualitas tidur yang buruk akan mengganggu proses ini, sehingga regenerasi sel juga akan terhambat. Akibatnya, muncullah tanda-tanda penuaan dini.

4. Konsumsi Alkohol dan Kafein

1596710206-minum-alkohol.jpgIlustrasi. (Freepik)

Tingginya konsumsi alkohol dan kafein dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Kulit yang tak terhidrasi dengan baik akan menjadi kering, kusam, dan kehilangan kelembapannya. Akibatnya, kulit gampang mengalami keriput dan kehilangan elastisitas.

5. Stres

1596710236-stres.jpgIlustrasi stres. (Freepik)

Tekanan pekerjaan, kehidupan, dan kesibukan sehari-hari dapat membuat kamu merasa stres. Stres yang tidak diolah dengan baik, akan mengganggu kualitas tidur kamu. Selain itu, kadar hormon stres yang tinggi dalam tubuh dapat membuat kamu terlihat lebih tua daripada usiamu.

6. Kelainan Genetika

1596710266-kelainan-genetik.jpgIlustrasi. (Freepik)

Selain dari faktor luar tubuh, ada pula faktor dari dalam tubuh yang menyebabkan munculnya penuaan dini. Beberapa kelainan genetika seperti sindrom Werner, menyebabkan kulit keriput, rambut beruban, dan kebotakan di usia 13 hingga 30 tahun.

Nggak cuma itu, sindrom Hutchinson-Gilford membuat seseorang tumbuh lebih cepat dari kondisi normal, dengan harapan hidup hingga berumur 13 tahun saja.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait