beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

6 Tips Perpanjang Umur Baterai Ponsel

Shinta Galih,
15 Februari 2022 08.26.59 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Tips Perpanjang Umur Baterai Ponsel
Image: Ilustrasi ponsel (Poco)

Jakarta - Baterai memiliki peran penting pada sebuah smartphone. Walau kapasitasnya besar, tidak menjamin bisa menemani aktivitas kamu seharian.

Berikut 6 tips yang diberikan Poco agar kamu bisa memperpanjang umur baterai.

1. Matikan yang Tidak Digunakan

Fitur yang tidak digunakan namun tetap aktif kadang juga berpengaruh dalam konsumsi baterai smartphone. Mereka akan terus menyedot baterai. Maka dari itu, saat tidak digunakan, ada baiknya fitur-fitur tersebut dinonaktifkan agar daya pakai smartphone bisa lebih lama lagi.

Misalnya fitur koneksi seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS atau lokasi. Jika kamu merasa tidak terlalu membutuhkannya, ya matikan saja. Cara paling mudah untuk mematikan semua fitur boros baterai itu adalah dengan mengaktifkan airplane mode

Apalagi ketika kamu berada di area yang tidak memiliki layanan seluler, baterai akan cepat habis karena terus aktif mencari koneksi yang ada. Makanya, airplane mode merupakan fitur yang berjasa untuk menghemat baterai. Dan jangan lupa, jaringan selular biasanya lebih boros baterai ketimbang Wi-Fi.

Selain fitur konektivitas, mode getar juga diklaim sebagai fitur yang menyedot baterai dalam jumlah besar. Pasalnya, saat getar diaktifkan, perangkat akan berusaha keras untuk memutar alat penggerak sehingga menghasilkan vibrasi. Inilah yang akan membuat baterai cepat boros.

2. Matikan Aplikasi Usai Digunakan

Untuk tips yang satu ini, semua pengguna smartphone pasti sudah tahu. Membiarkan aplikasi terbuka di background akan membuat baterai smartphone terkuras dalam waktu cepat. Bahkan smartphone kadang suka nge-lag. 

Nah, untuk melakukan hal ini, tak perlu aplikasi khusus. Android Authority menyebut jika aplikasi khusus 'killer app' hanya menambah beban konsumsi baterai. Lagipula, apa susahnya mematikan aplikasi langsung dengan jari kita?

3. Gunakan Internet dengan Bijak

Seperti yang telah disebutkan di atas, layanan seluler menyedot baterai lebih besar ketimbang wi-fi. Maka dari itu, saat sedang berinteraksi di dunia maya, jika memungkinkan, gunakan koneksi data dari Wi-Fi. Apalagi, penggunaan Wi-Fi juga bisa menghemat kuota data seluler yang kami miliki.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait