beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Jenis Bunga dan Manfaatnya buat Kecantikan

Itha Prabandhani,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Jenis Bunga dan Manfaatnya buat Kecantikan
Image: Bunga untuk kecantikan. (Freepik/valuavitaly)

Jakarta - Bahan-bahan alami kini lebih banyak diminati sebagai bahan baku perawatan kecantikan. Bahan alami seperti bunga, buah, ataupun sari dari tanaman, biasanya lebih aman digunakan dan memiliki banyak manfaat.

Buat kamu yang menyukai aroma yang harum dalam rangkaian skincare, produk berbahan bunga bakal cocok buatmu. Beberapa jenis bunga memiliki kandungan zat yang dapat membuat kulit wajah dan tubuh kamu lebih cantik, halus, dan wangi.

Apa saja sih bunga yang dapat dimanfaatkan untuk kecantikan? Yuk, simak rangkuman dari Urbanasia berikut ini, ya?

1. Mawar

1625553053-mawar--freepik-erstudio.jpgSumber: Bunga mawar. (Freepik/erstudio)

Mawar adalah salah satu bunga yang paling populer sebagai bahan alami bagi kecantikan sejak zaman nenek moyang. Ekstrak bunga mawar secara turun temurun telah dimanfaatkan sebagai pelembap, toner, sekaligus bahan antiaging. Mawar memiliki fungsi antiseptik, antiinflamasi, dan astringen yang dapat membantu meredakan iritasi, luka, dan jerawat.

2. Melati

1625553072-melati---freepik-ivanna-pavliuk.jpgSumber: Bunga melati. (Freepik/ivanna-pavliuk)

Selain memiliki keharuman yang kuat, bunga melati juga dapat digunakan sebagai bahan alami skincare. Bunga melati memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan noda bekas jerawat atau luka. Wanginya juga akan memberi efek menenangkan saat diaplikasikan di kulit.

3. Anggrek

1625553086-anggrek--freepik-aopsan.jpgSumber: Bunga anggrek. (Freepik/aopsan)

Bunga yang satu ini adalah sahabat baik buat pemilik kulit kering. Ekstrak bunga anggrek dapat membantu memberikan kelembapan pada wajah, dari kandungan kalsium, zinc, dan magnesium yang terdapat di dalamnya. Selain itu, bunga anggrek juga dapat mengatasi pigmentasi kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Lavender

1625553120-lavender---freepik-rudoelena.jpgSumber: Lavender. (Freepik/rudoelena)

Bunga cantik berwarna ungu ini dapat membantu mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, lavender juga dapat mengurangi kemerahan dan gatal pada kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat bunga lavender melalui ekstrak minyak dalam produk face oil ataupun masker.

5. Bunga Matahari

1625553112-bunga-matahari---freepik-wirestock.jpgSumber: Bunga matahari. (Freepik/wirestock)

Bunga matahari kaya dengan vitamin E yang sangat dibutuhkan untuk menjaga keremajaan kulit. Ekstrak bunga matahari ini memiliki sifat emolien yang akan membantu mempertahankan kelembapan kulit. Selain itu, vitamin E, A,C, dan D di dalamnya, menjadi sumber antioksidan yang akan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV serta ampuh melawan jerawat.

6. Bunga Sepatu

1625553064-bunga-sepatu---freepik-svetlanasokolova.jpgSumber: Bunga sepatu. (Freepik/svetlanasokolova)

Bunga sepatu mengandung bahan-bahan alami yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan di kulit. Bunga sepatu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Dengan begitu, flek hitam, garis halus, dan tanda penuaan kulit lainnya bisa kamu atasi dengan skincare berbahan bunga sepatu ini.

7. Teratai

1625554913-teratai---freepik-tj-studio.jpgSumber: Bunga teratai. (Freepik/tj-studio)

Lotus atau teratai kaya dengan kandungan vitamin C, B kompleks, dan mineral lain yang bermanfaat bagi kulit wajah. Selain itu, bunga Teratai juga memiliki sifat antioksidan, yang akan menutrisi kulit dan menjaganya tetap sehat dan awet muda. Buat kamu yang bermasalah dengan sebum, bunga teratai dapat dimanfaatkan untuk mengontrol produksi minyak berlebih, sekaligus menjaga kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait