menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

7 Tips Atasi HP Android yang Nggak Mau Dicas

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Tips Atasi HP Android yang Nggak Mau Dicas
Image: Ilustrasi mengisi baterai HP. (Pixabay)

Jakarta - Handphone (HP) adalah alat komunikasi yang penting di zaman sekarang ini. Ketika HP kehabisan daya dan mati, mungkin Urbanreaders jadi satu dari sekian banyak orang yang panik. 

Nah kepanikan itu biasanya bakal meningkat saat HP kamu mendadak nggak mau diisi ulang dayanya. Tapi tenang guys, untuk kamu pengguna Android, masalah satu ini sering ditemukan. Tapi banyak alasan yang menyebabkan masalah ini bisa terjadi, mulai dari stop kontak atau bisa jadi software HP Android kamu yang lagi rewel.

Untuk mengatasinya, kamu nggak perlu panik dan coba ikuti tujuh tips yang telah Urbanasia rangkum dari Business Insider berikut ini:

1. Coba stop kontak lain

1612067423-cas-hp-pixabay.jpegSumber: Ilustrasi mengisi baterai HP. (Pixabay)

Sebelum berpikir aneh-aneh, mungkin saja ternyata masalah berasal dari stop kontak yang sedang kamu gunakan. Untuk mengatasinya, matikan sirkuit stop kontak kamu terlebih dahulu dan kemudian coba untuk mengisi daya di stop kontak lainnya.

2. Periksa kabel charger kamu

Masalah lain yang mungkin menjadi penyebab HP Android nggak bisa dicas adalah kabel charger yang rusak. Yap, kabel charger kamu bisa aja bermasalah karena cara penyimpanannya yang tidak tepat seperti asal menggulungnya, tertekuk, dan lain sebagainya. Kalau memang demikian dan tak bisa tertolong, maka kamu bisa coba menggunakan kabel charger lainnya.

3. Cek juga adaptop charger HP Android

Kalau kabel charger kamu baik-baik aja, mungkin masalahnya ada pada dari adaptor charger HP Android kamu. Kalau hal ini terjadi, coba ganti adaptor atau bisa coba sambungkan kabel charger ke laptop atau komputermu untuk memastikan apakah pengisian daya bisa dilakukan. Kalau bisa, artinya emmang adaptormu yang bermasalah.

4. Periksa juga port pengisian daya di HP kamu

1612067369-cas-hp.jpegSumber: Ilustrasi mengisi baterai HP. (Pixabay)

Masalah lainnya yang mungkin menyebabkan HP Android kamu nggak mau dicas karena port pengisian dayanya kotor. Nah, kalau memang port pengisian daya HP kotor coba bersihkan dulu. Tapi kalau masih belum bisa juga setelah dibersihkan, coba perbaiki ke ahlinya.

5. Coba restart HP Android

Mungkin masalah ini hanya berasal dari bug kecil yang bisa memperbaiki dirinya sendiri dengan reboot cepat. Boasanya masalah ini terjadi karena kamu menjalankan aplikasi atau game di latar belakang yang menghabiskan daya baterai lebih cepat.  Kalau memang benar, merestart HP Android mungkin adalah jawabannya.

6. Mungkin Pembaruan Software di HP Android Alasannya?

1612067376-cas-hp-(2).jpegSumber: Ilustrasi mengisi baterai HP. (Pixabay)

Masalah ini juga bisa terjadi di HP yang usianya sudah tua. Biasanya saat kuta memperbarui software HP namun HPnya tak dapat mengimbangi, maka OS baru bakal memakan banyak baterai jadi kamu tak bisa mengisinya dengan cepat. Atau bisa juga ada bug dalam OS baru di HP kamu.

Nah kalau sudah begini, kamu bisa coba kembalikan pembaruan software, restart HP kamu, dan kemudian lihat apakah pengisi daya berfungsi? Kalau iya, coba tunggu sampai patch untuk update bug keluar. Atau bisa juga dengan cara tak melakukan pembaruan OS sampai mendapatkan upgrade.

7. Ganti Baterai HP Android

Kalau cara 1-6 nggak berhasil juga, mungkin masalahnya ada di baterai HP Android sendiri guys. Coba perhatikan, apakah kamu harus lebih sering mengisi daya? Kalau iya, mungkin saja saat ini baterai HP Android telah habis masa pakainya. 

Solusinya adalah ganti baterai HP dengan yang baru. Kamu bisa menggantinya sendiri atau kalau ragu-ragu, bawa HP ke ahlinya untuk diganti baterai yang baru.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait