Jakarta - Nggak hanya cewek, cowok pun perlu perawatan wajah biar kulit tetap halus dan mulus. Masalah kulit cowok dan cewek sebenarnya nggak jauh beda. Produksi sebum berlebih, jerawat, kusam, dan kering, adalah masalah kulit wajah yang banyak terjadi.

Memiliki kulit sehat dan berpenampilan maksimal, tentunya juga bakal menambah kepercayaan diri kamu, kan? Karena itu, kamu mesti rutin melakukan perawatan sehari-hari, agar kulit wajahmu tetap bersih, segar, dan sehat.

Tapi, banyak cowok enggan melakukan perawatan wajah sehari-hari karena dianggap ribet, nggak telaten, atau nggak terbiasa dengan rangkaian perawatan wajah beberapa step. Padahal, sebenarnya perawatan wajah cowok nggak segitu ribetnya, kok. Kamu hanya perlu membiasakan beberapa hal berikut ini.

1. Kenali Jenis Kulit

1606354757-tips-perawatan-wajah-cowok2.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Langkah pertama yang mesti kamu lakukan adalah mengenali jenis kulitmu, apakah normal, berminyak, sensitif, atau kering. Setelahnya, pilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Penting buat kamu memilih produk yang sesuai, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Kalau kamu salah memilih produk, akan muncul masalah yang lebih banyak lagi.

2. Gunakan Produk yang Tepat

1606354761-tips-perawatan-wajah-cowok3.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Gunakan produk khusus buat cowok karena produk buat cowok memiliki komposisi yang sedikit berbeda dengan produk perawatan wajah untuk cewek. Kulit cowok biasanya sedikit lebih tebal dengan pori-pori lebih besar. Karena itu, produk untuk cowok dirancang khusus menjawab kebutuhan para cowok.

3. Bersihkan Wajah

1606354785-tips-perawatan-wajah-cowok4.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Hal yang paling utama dalam merawat wajah adalah menjaga kebersihannya. Karena itu, kamu mesti rutin membersihkan wajah, minimal pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu.

Pastikan semua kotoran terangkat dengan sempurna. Jika perlu, lakukan proses pembersihan dua kali, yaitu dengan micellar water, lalu dilanjutkan dengan sabun wajah. Proses pembersihan wajah yang kurang sempurna bisa menimbulkan jerawat, akibat pori-pori kulit yang tersumbat kotoran.

4. Gunakan Toner

1606354796-tips-perawatan-wajah-cowok5.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Membersihkan wajah akan mengurangi tingkat kelembapan alami kulit dan membuat kadar pH kulit berkurang. Karena itu, kembalikan keseimbangan pH kulit wajah dengan bantuan toner. Gunakan toner setelah mencuci muka.

Toner akan membantu membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di kulit, memberikan kelembapan, sekaligus mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dari produk skincare selanjutnya.

5. Gunakan Pelembap

1606354804-tips-perawatan-wajah-cowok6.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Agar wajah kamu tetap terjaga kelembapannya, gunakan pelembap yang cocok dengan jenis kulitmu. Aplikasikan produk pelembap secara merata ke seluruh wajah dan leher dan biarkan sejenak agar nutrisinya terserap secara alami.

6. Eksfoliasi Wajah dengan Scrub

1606354821-tips-perawatan-wajah-cowok7.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Langkah yang tak kalah penting dari rangkaian perawatan kulit wajah adalah eksfoliasi. Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati sangat penting untuk proses regenerasi sel kulit wajah. Gunakan scrub wajah setidaknya sekali dalam seminggu untuk mengikis lapisan sel kulit mati.

Aplikasikan scrub dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan wajah hingga butiran-butiran halusnya dapat menjangkau pori-pori kulit terdalam. Untuk proses eksfoliasi, hindari area wajah yang sedang berjerawat meradang, agar tidak memperparah kondisinya.

7. Pakai Sunblock Bila Bepergian

1606354771-tips-perawatan-wajah-cowok8.jpgSumber: Perawatan wajah cowok. (Freepik)

Buat kamu yang aktif bepergian keluar, lindungi wajah kamu dengan tabir surya yang mengandung SPF 30, untuk menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari. Pilih tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide, untuk menangkal sinar UVA dan UVB yang bisa merusak kesehatan kulitmu.

 

Komentar
paper plane