menu
user
URguide

Agar Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Tips Untukmu!

Riliv,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Agar Hidup Lebih Bahagia, Ini 6 Tips Untukmu!
Image: Ilustrasi Hidup Bahagia. (Photo by Amina Filkins from Pexels)

Dear, pernah nggak sih kalian merasa sulit bahagia, khawatir, pesimis, kecewa atau merasa nggak punya motivasi dalam hidup? Jika iya, bisa jadi kamu tidak bahagia dengan dirimu sendiri! Terus gimana ya agar hidup lebih bahagia?

Untuk kalian yang sedang merasa begitu, Riliv punya tips nih untuk mengatasi hal tersebut, yuk simak!

1. Agar hidup lebih bahagia, kamu bisa mulai mengenali diri dengan tidak menggeneralisir arti kebahagiaan

Mengenali diri sendiri bisa menjadi titik awal dalam menuju kebahagiaan. Definisi bahagia antara satu orang dengan yang lainnya tentu berbeda, Dear.

Ada orang yang merasa bahagia hanya karena dikaruniai jabatan yang tinggi. Ada orang yang merasa bahagia karena memiliki fisik yang rupawan. Ada juga yang bahagia karena memiliki keluarga yang sempurna, dan sebagainya.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa sih hal yang menjadi definisi kebahagiaan bagi diri kita sendiri? Kalau kita saja tidak tahu apa yang menjadi tujuan kita, bagaimana kita mau bahagia?

2. Hargai diri sendiri

1615951148-Photo-by-Andrea-Piacquadio-from-Pexels.jpgSumber: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Menghargai diri sendiri artinya kita menerima kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam diri. Menghargai diri sendiri artinya kamu akan terus memaksimalkan potensi yang kamu miliki dari diri sendiri karena kamu sadar bahwa diri kamu berharga.

Apabila kamu menghargai diri sendiri, kamu akan memaafkan dirimu ketika berbuat salah. Kamu tidak menyalahkan diri sendiri secara terus menerus, melainkan menjadikan itu pelajaran serta menjadikan hal tersebut motivasi agar kamu dapat menjadi lebih baik lagi ke depannya. Dalam menghargai diri sendiri, artinya kalian juga mengetahui apa yang kalian ingin lakukan dan tidak.

Dear, jangan lupa untuk selalu beri pujian kepada diri sendiri ketika kamu sudah mencapai hal yang kamu tuju!

3. Terima saja saat merasa sedih ataupun senang

Biarkan hatimu untuk merasakan sedih ataupun senang dengan sepenuhnya. Jangan membatasi atau menahan ekspresi dari hatimu.

Apabila kamu sedih, menangislah. Dan apabila kamu senang, berbahagialah dengan sepenuh hati.

Seperti halnya ketakutan, rasa sakit dan kegembiraan adalah emosi yang akan membantu kita dalam memahami diri sendiri.

4. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang membuatmu bahagia

1615951189-Photo-by-Ronê-Ferreira-from-Pexels.jpgSumber: Photo by Ronê Ferreira from Pexels

Selain dengan cara–cara di atas, ternyata suasana hati juga dipengaruhi dari lingkungan sekitar lho!

Studi yang dimuat dalam jurnal Royal Society Open Science menyebutkan bahwa kegembiraan atau kesedihan bisa disebarkan melalui lingkungan sekitar.

Dear, berkumpullah dengan orang–orang yang dapat membuat diri kalian nyaman dan jangan ragu untuk pergi dari orang-orang yang toxic!

5. Pola hidup sehat bisa membuat hidup lebih bahagia

Nah, cara yang ini juga nggak kalah penting dari yang sebelumnya, yaitu dengan pola hidup sehat, misalnya dengan cara olahraga dan pola makan sehat.

Kedua hal tersebut tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan psikis. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi, serta meningkatkan kebahagiaan.

Kita adalah apa yang kita makan. Oleh karena itu, pilihlah makanan dengan keseimbangan nutrisi yang sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna agar tubuh tetap sehat.

6. Salah satu kunci hidup lebih bahagia: bersyukur

1615951234-Photo-by-Andrea-Piacquadio-from-Pexels-1.jpgSumber: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sebagai manusia, kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Faktanya, hidup seseorang jauh dari kata sempurna.

Oleh karena itu, kita harus menerima kekurangan yang kita miliki. Dengan kekurangan tersebut, kita dilatih bagaimana caranya untuk bersyukur.

Dengan bersyukur, seseorang akan selalu merasa cukup, sehingga tidak akan dibebani rasa ingin yang berlebihan. Merasa cukup dan selalu bersyukur ini akan membuat hidup kita lebih tentram dan bahagia, Dear!

Artikel ini ditulis oleh Tizani Azalia dari Riliv, aplikasi kesehatan mental yang terdiri dari meditasi online dan konseling psikologi online, dan telah membantu lebih dari 150.000 pengguna agar lebih sehat mental.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait