Hot News

Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama (BTP)  turut berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk mendukung masyarakat terdampak COVID-19.

Bersama benihbaik.com, pria yang akrab disapa Ahok itu menggalang dana dengan cara melelang barang koleksi pribadi miliknya, yaitu baju batik guys.

Nah, yang spesial adalah baju batik miliknya ini tentu bukan baju biasa, melainkan memiliki nilai historis bagi Ahok.

Menjadi bersejarah, karena guys, baju batik tulis itu menjadi saksi perjalanan kasus Ahok atas kasus penodaan agama yang terjadi pada 2016 silam.

Sebanyak 19 koleksi baju batik milik Komisaris Pertamina itu biasa  ia pakai dalam persidangan kasusnya dan nantinya akan dilelang benihbaik.com.

Acara ini merupakan kerja sama BTP Foundation dan benihbaik.com untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Sindir Ahok ''Komisaris Rasa Dirut'', Andre Rosiade Diserang Netizen

1593499524-Basuki-Tjahaya-Purnama-(Ahok).jpegSumber: Basuki Tjahaja Purnama dalam konferensi pers virtual, Senin (29/6/2020) malam(benihbaik.com)

Nah, setiap minggunya, benihbaik.com akan menampilkan tiga buah batik yang pernah digunakan Ahok dalam persidangan.

Tiga batik pertama yang akan dilelang adalah batik yang digunakan pada sidang perdana 13 Mei 2016, 20 Desember 2016, dan saat sidang putusan pada 9 Mei 2017.

Batik 13 Mei 2016 akan dibuka dengan harga spesial, yakni hanya Rp 54, guys. Angka tersebut sengaja dipilih sesuai dengan usia Ahok yang merayakan ulang tahunnya pada 29 Juni 2020.

Namun, ada kebijakan tersendiri bagi orang-orang yang ingin mendapatkan batik pertama ini.

"Karena Pak Ahok ulang tahun ke-54 jadi kami memberikan kesempatan kepada siapapun ikutan di lelang ini, tetapi siapa pun yang akan ikut harus menambah kelipatannya Rp 500.000," kata Andy F. Noya selaku pembawa acara dalam konferensi pers virtual, Senin (29/6/2020) malam.  

Batik kedua yang dilelang adalah yang digunakan Ahok pada persidangan 20 Desember 2016. Batik ini ternyata memiliki cerita tersendiri karena dibeli dan dijahit bersamaan dengan milik Presiden RI, Joko Widodo.

"Batik ini Pak Jokowi punya persis tapi kombinasi dari tukang jahitnya dibikin beda, waktu itu kita bikinnya bareng cuma dibentuk kombinasinya beda," kata Ahok.

Batik kedua dibuka harganya dari Rp 296 sesuai dengan tanggal kelahiran pria bernama lengkap Basuki Tjahaja Purnama tersebut.

Terakhir, batik berwarna biru dan putih merupakan batik yang digunakan Ahok dalam sidang putusan pada 9 Mei 2017. Ada filosofi menarik di balik batik biru putih yang dibeli Ahok dari Riana Kusuma tersebut.

"Saya baru tahu batik ini ada yang menafsirkan bahwa ini batik duka cita dalam peranakan China dulu. Ini coraknya untuk mengatakan duka cita atas hukum kita yang masih berdasarkan massa," kata Ahok.

Dana yang didapatkan dari lelang kebaikan akan disalurkan kepada BTP Foundation yang kemudian akan disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu serta masyarakat terdampak COVID-19.

Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, pihaknya dengan senang hati membantu masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti lelang kebaikan ini.

“Di ulang tahun saya yang ke 54 , saya ingin merayakannya bersama teman-teman dengan cara melelang baju - baju  batik saya yang penuh cerita dan hasilnya akan digunakan untuk membantu sesama melalui BenihBaik.com dan Jangkau,” ujarnya.

Ayu Dyah Pasha, selebritas sekaligus Pengurus BTP Foundation juga memberikan pendapatnya tentang batik ini.

"Batik ini sangat berkesan bagi Bapak BTP karena pernah dikenakan saat persidangan. Pengalaman sekaligus pelajaran yang tidak mungkin dilupakan. Itulah mengapa kami ingin batik ini dilelang untuk kebaikan sesama kita," ungkap Ayu Dyah Pasha.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam lelang batik Ahok ini, guys,  bisa langsung mendaftar ke laman benihbaik.com. Uang yang terkumpul nantinya akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.


Loading ..