Hot News

Jakarta - Usai menghadirkan versi final Android 11 belum lama ini, Google lanjut merilis versi Go dari sistem operasi mobilenya. Sejumlah peningkatan dibawa demi kinerja ngebut di handphone (HP) murah yang punya spesifikasi pas-pasan.

Android 11 Go diperuntukan bagi HP murah yang punya RAM hingga 2 GB. Beberapa perangkat yang telah menjalankan Android 10 Go bakal mendapat pembaruan ini meski belum ada daftarnya saat ini.

Sejumlah fitur utama Android 11 bakal bisa tersedia di versi Go. Ada notifikasi yang dikelompokan bagi aplikasi obrolan dan izin satu kali untuk kamera, mikrofon dan lokasi.

Seperti disinggung di muka, Google menjanjikan peluncuran aplikasi 20 % lebih cepat. Dengan tambahan memori bebas 270 MB, pengguna dapat menjalankan tiga hingga empat aplikasi di latar belakang.

Android Go pada perangkat 2GB juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan gratis tambahan hingga 900MB. Ini cukup untuk menyimpan hingga 300 selfie.

Selain itu ada Safe Folder yang memungkinkan pengguna melindungi file sensitif dengan PIN 4 digit di dalam aplikasi Google File.

Lantaran layar ponsel semakin besar ukurannya, Google menghadirkan sistem navigasi berbasis swipe. Sehingga kembali ke layar awal atau berpindah aplikasi dapat dilakukan dengan gesekan sederhana.

 


Loading ..