beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Apakah Kripto Punya Analisis Fundamental? Ini Kata Pakar Keuangan

Kintan Lestari,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apakah Kripto Punya Analisis Fundamental? Ini Kata Pakar Keuangan
Image: Ilustrasi mata uang kripto. (Pixabay/KNFind)

Jakarta - Cryptocurrency atau mata uang kripto masih jadi hype. Semua yang berhubungan dengan crypto banyak dicari infonya.

Contohnya adalah 'apakah crypto punya analisis fundamental?'. Itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan seputar crypto.

Perencana keuangan Aidil Akbar menjawab hal tersebut dalam kanal YouTube pribadinya, Aidil Akbar Channel.

"Fundamental crypto tidak bisa disamakan dengan fundamental dalam analisa saham karena crypto bukan perusahaan. Crypto adalah mata uang digital," ujar Aidil.

Aidil menyebutkan beberapa hal penting yang menjadi fundamental dalam cryptocurrency, yaitu:

1. Terbit dengan Tujuan Tertentu

Menurutnya, setiap cryptocurrency diterbitkan dengan tujuan dan kegunaan tertentu tergantung dari awalnya. Misalnya crypto yang diluncurkan oleh komunitas atau exchanger.

1612920192-bitcoin-master1305.jpgSumber: Ilustrasi bitcoin (Freepik/master1305)

2. Teknologi

Aidil juga menekankan perlunya kita memperhatikan teknologi yang dipergunakan dalam blockchain dari masing-masing koin.

"Blockchain yang harus kita perhatikan antara lain jumlah transaksi per detik, kecepatan dalam penyelesaian transaksi. Kemudian protokol konsensusnya seperti apa, keamanan jaringannya seperti apa, dan seberapa teknologi ini skalabilitasnya bisa diperbesar. Lalu seberapa mudah dan fleksibel bisa dioperasikan (interoperabilitas)," jelasnya.

3. Tim Pengembangnya

Hal lain yang juga perlu diperhatikan menurut Aidil adalah tim pengembangnya. Kita harus mencari tahu siapa tim pengembang di belakang blockchain tersebut.

"Ini penting diketahui. Bagaimana background dan keahlian tim tersebut, dan seberapa serius dan konsisten tim mengerjakan proyek blockchains," lanjutnya lagi.

4. Ekosistem

"Jadi punya developer dan pengguna yang setia akan memperkuat blockchains tersebut," pungkasnya.

5. Komunitas

Hal penting terakhir menurutnya adalah komunitas. Karena naik turunya proyek crypto banyak yang tidak bisa bertahan. Dan yang bisa membuat crypto bertahan dari guncangan adalah mereka yang punya komunitas kuat dan loyal, dan investor untuk investasi jangka panjang. 

Dengan adanya komunitas yang kuat, maka orang-orang jadi tidak panik bila crypto jatuh. Dan komunitas juga bisa membuat harga koin bertambah kuat. Dan bila turun, jatuhnya akan perlahan dan tidak drastis.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait