beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Asyik! Keluhan Penumpang Berbuah Manis, KAI Remajakan Kereta Ekonomi Kursi Tegak

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asyik! Keluhan Penumpang Berbuah Manis, KAI Remajakan Kereta Ekonomi Kursi Tegak
Image: Dok. PT KAI

Jakarta - Keluhan masyarakat soal kereta api kelas ekonomi dapat sambutan baik dari PT Kereta Api Indonesia (Persero). Pasalnya KAI mengaku tengah merencanakan program peremajaan kereta kelas ekonomi untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan setianya.

“Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, KAI selalu berupaya untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan dalam berbagai aspek. Kali ini, KAI akan membeli kereta-kereta baru kelas ekonomi untuk menggantikan sarana yang sudah lama beroperasi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022).

Joni menyebut saat ini KAI memiliki 1.346 unit kereta penumpang dengan 22 persen di antaranya perlu peremajaan. Sementara dari total kereta penumpang yang dimiliki KAI, ada 58 persen atau 831 unit di antaranya merupakan kereta kelas ekonomi.

“Saat ini KAI masih mendata jumlah kereta yang akan dibeli untuk menggantikan kereta-kereta yang telah lama dioperasikan tersebut. Rencana pembelian Kereta Ekonomi baru ini juga merupakan salah satu langkah KAI untuk memenuhi harapan pelanggan yang terus pulih setelah sebelumnya terdampak pandemi COVID-19, ” terangnya.

Joni mengaku dalam setiap langkahnya, KAI berkomitmen untuk terus mendengarkan masukan dari pelanggan. Sebab menurutnya mindset customer oriented selalu diutamakan KAI dalam mengembangkan perusahaan.
 
“KAI akan terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai layanan dan beradaptasi dengan perkembangan zaman sehingga pelanggan dapat lebih nyaman selama dalam perjalanan menggunakan KA,” tegasnya.

Sebelumnya, pembahasan soal kereta kelas ekonomi jadi perbincangan hangat netizen dalam beberapa hari terakhir. Hal ini berawal dari salah satu cuitan pengguna kereta api yang menyampaikan keluhan di Twitter.

“Kenapa @KAI121 masih mempertahankan seat berhadap2an seperti ini? Padahal seat kek gini bikin sakit badan, apalagi perjalanan di atas 5 jam,” tulis akun Twitter @Qruunn, Minggu (21/8/2022).

Twit itu sontak memancing beragam respons dari netizen. Tak sedikit di antaranya bahkan 'numpang' ngeluh juga nih ke PT KAI soal kereta kelas ekonomi.

“Pleaselah min @KAI121, untuk yg harga udh di atas 500k dpt lah makan/snack kek, masa cm dpt slimut itu jg pas malem doang, even make kursi yg bisa sndr pun jg kadang sakit bahu gw:(,” keluh netizen lainnya.

“Apapagi serayu, demi dah mana wc nya bau banget bahkan air nya kadang ga ada samsek. Tolong banget min modifikasi sedikit kek, harga tiket naik sedikit gapapa yg penting makin nyaman. Nyiksa bgt kereta jkt-tasik cuma serayu 7 jam badan ringsek @KAI121,” balas netizen lain.

“PP berkali kali lempuyangan-senen 9 jam duduk di kursi ini, berasa wajib militer 3 org hadep hadepan, kursinya tegak bgt, gaada empuk2nya, lutut ketemu lutut, mau gerak gabisa, kepala badan kaki pegel semua. Nyampe stasiun auto jd yupi,” cuit salah seorang netizen membalas postingan @Qruunn.

Perdebatan pun tak terhindarkan. Postingan itu bahkan hingga hari ini telah dikomentari lebih dari 2.000 kali, di-retweet hampir 4.600 kali, dan mendapat 20.000 suka. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait