beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Awas! Ini 5 Dampak Buruk Jarang Pakai Sunscreen

Kintan Lestari,
14 Juni 2022 18.04.17 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Awas! Ini 5 Dampak Buruk Jarang Pakai Sunscreen
Image: Ilustrasi sunscreen (soslukin/Freepik)

Jakarta - Sunscreen merupakan produk kecantikan yang tidak boleh dilewatkan pemakaiannya setiap hari. Banyak jenis pilihan sunscreen di pasaran, baik physical, chemical, maupun hybrid sunscreen. Lalu harganya juga beragam, yang bisa disesuaikan dengan budget kamu. 

Tapi sayang, masih banyak orang yang enggan memakai sunscreen. Alasannya karena teksturnya yang terasa tebal, meninggalkan whitecast, susah dibaurkan, sampai terasa perih.

Karena alasan-alasan itu akhirnya beberapa orang memilih tidak pakai sunscreen. Padahal kalau tidak pakai sunscreen, ada berbagai dampak buruk yang bisa dialami kulit. Melansir Vedix, berikut 5 dampak buruk bila kamu jarang menggunakan sunscreen. 

1. Sun Spot

Sun spot (bintik matahari atau bintik penuaan) terjadi ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Bintik matahari ini biasanya berhubungan dengan gatal atau sensasi terbakar.

2. Penuaan Dini

Radiasi sinar UV dapat merusak kolagen dan jaringan ikat di kulit. Ini, pada gilirannya, menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit sehingga menyebabkan kerutan, kulit kendur dan tanda penuaan muncul di kulit.

3. Penggelapan Kulit

Kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan sebagai bagian dari pertahanan alaminya terhadap radiasi matahari. Ini meninggalkan kulit dengan bercak gelap dan warna yang tidak merata.

4. Sun Burn

Sun burn merupakan luka bakar pada kulit akibat terlalu banyak terpapar radiasi UV dari matahari. Kulit mungkin mengalami sengatan matahari ringan hingga parah yang muncul sebagai bercak merah, panas, sampai nyeri pada kulit yang melepuh. 

5. Kanker Kulit

Radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan DNA yang tidak dapat diperbaiki yang dapat menghasilkan mutasi gen, yang pada akhirnya dapat memicu kanker di kulitmu. Pada kanker kulit, sel-sel kulit berkembang biak dengan cepat membentuk tumor ganas.

Itu dia 5 dampak buruk yang terjadi padu kulit bila kamu jarang menggunakan sunscreen. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait