Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bacaan Ayat Kursi: Arti, Keutamaan, dan Waktu Terbaik untuk Membaca

Kintan Lestari,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bacaan Ayat Kursi: Arti, Keutamaan, dan Waktu Terbaik untuk Membaca
Image: Ilustrasi Al-Quran (Pixabay/mucahityildiz)

Jakarta - Saat membaca surat Al Baqarah di Al Quran, kalian pasti akan menemukan bacaan ayat kursi di dalamnya, tepatnya di surat Al Baqarah ayat 255.

Mengapa surat Al Baqarah ayat 255 disebut dengan ayat kursi atau ayat singgasana? Rupanya itu karena ayat tersebut berbicara tentang keagungan Allah SWT.

Ubay bin Ka'ab dalam sebuah hadis menyebutkan kalau ayat kursi adalah ayat paling agung dalam Al Quran. Keagungan ayat kursi terlihat dari adanya 18 nama Allah di penggalan ayat tersebut.

Bacaan surat Al Baqarah ayat 255 alias ayat kursi dalam bahasa Arab serta latinnya:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ 

"Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Arti bacaan ayat kursi dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Keutamaan Ayat Kursi

1618380044-Alquran.jpgSumber: Quran/Freepik

Seperti disinggung tadi, ayat kursi adalah ayat paling agung dalam Al Quran. Maka dari itu, siapa pun yang membaca ayat ini tentu akan dapat banyak kebaikan.

Adapun keutamaan bacaan ayat kursi adalah sebagai berikut:

1. Sebagai kunci untuk masuk surga
2. Mendapatkan perlindungan sepanjang hari
3. Mendapat perlindungan dari Allah saat tertidur
4. Dibukakan pintu rezekinya
5. Akan dijauhkan dari godaan setan
6. Dilindungi dua malaikat
7. Semua urusannya akan dimudahkan Allah SWT

Dengan keutamaan-keutamaan yang dimilikinya, jadi kapan sebaiknya membaca ayat kursi? 

Waktu terbaik untuk membaca ayat kursi adalah saat berdzikir sesudah melaksanakan salat fardhu serta sebelum tidur.

Siapa pun yang membaca ayat kursi sesudah salat, maka orang tersebut akan dijanjikan surga.

"Barang siapa membacanya (ayat kursi) setiap kali selesai mengerjakan sholat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian," (HR. An Nasa'i).

Sementara yang membaca ayat kursi sebelum tidur, orang tersebut akan dilindungi dari setan saat dia tertidur.

"Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjaga mu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait