beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Ban Motor Oleng Saat di Jalan? Simak Sebab dan Cara Atasinya!

Rasya Azzahra,
13 April 2022 17.33.29 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ban Motor Oleng Saat di Jalan? Simak Sebab dan Cara Atasinya!
Image: Motor (Freepik/jcomp)

Jakarta – Motor menjadi salah satu pilihan transportasi pribadi yang digunakan untuk melakukan mobilitas sehari-hari. Dengan demikian setiap komponen-komponennya perlu diperhatikan, tidak terkecuali bagian ban motor. Banyak permasalahan yang sering terjadi saat mengendarai motor di jalan, salah satunya ban oleng.

Melansir Astra Motor Indonesia, seringkali pengalaman berkendara kamu menurun karena kondisi ban motor yang tidak prima. Entah itu akibat ban sudah aus, bocor halus, atau bahkan ban yang terasa oleng saat dikendarai. Tentunya kondisi ban motor yang tidak prima tersebut selain membuat tidak nyaman juga dapat membahayakan.

Nah, kira-kira apa sih penyebab ban motor terasa oleng saat berkendara? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Pemasangan ban tidak rata

Ketika memasang ban motor, kamu perlu memperhatikan kondisi velg dan pastikan dipasang dengan sejajar. Karena jika ban dipasang secara asal-asalan tanpa perhitungan yang benar, maka dapat mengakibatkan ban akan oleng saat berkendara

Jika masalah tersebut terjadi, tentu saja bisa membahayakan keselamatan kamu dan juga pengendara lain. Nah, kalau kamu tidak paham cara memasang ban motor, sebaiknya bawa ke bengkel dan biarkan teknisi profesional yang bekerja. 

2. Velg sudah tidak rata

Penyebab selanjutnya adalah kondisi velg-nya. Coba kamu perhatikan velg pada motor, apakah masih dalam kondisi prima atau sudah bengkok, retak, atau bahkan tidak rata? Kalau iya, maka bisa dipastikan itulah penyebab ban motor kamu terasa oleng.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memperbaiki velg tersebut jika kerusakan masih pada tingkat ringan. Namun, jika sudah kerusakan berat, sebaiknya jangan ambil risiko dan ganti velg motormu dengan yang baru.

3. Tekanan shockbreaker yang tidak imbang

Jangan salah, shockbreaker atau alat peredam kejut pada kendaraan ternyata juga bisa menjadi faktor penyebab ban terasa oleng. Hal tersebut biasanya disebabkan karena tekanan shockbreaker yang sudah tidak imbang saat digunakan saat berkendara atau ketika melakukan pengereman.

4. Tekanan angin pada ban motor

1649759456-ban-motor-2(Freepikmaster1305).jpegSumber: Ban motor (2) (Freepik/master1305)

Tekanan angin pada ban motor juga menjadi salah satu penyebab terjadinya sensasi oleng pada kendaraan kamu. Hal tersebut mungkin terjadi karena tekanan angin yang kurang dari porsi yang dibutuhkan atau malah terlalu tinggi.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa tekanan ban motor yang dikendarai cukup dan sesuai dengan standar yang diharuskan.

5. Motor pernah jatuh atau mengalami tabrakan

Jika kamu pernah mengalami sebuah tabrakan, biasanya akan timbul berbagai banyak kendala, mulai dari lecet hingga beberapa kerusakan pada komponen motor. Nah, permasalahan-permasalahan yang timbul akibat tabrakan ini seringkali tidak disadari orang-orang.

Sebut saja kondisi sasis pada motor yang mungkin terlihat biasa, namun sebenarnya mulai penyok atau bengkok tidak seperti sebelumnya. Kondisi ini dapat memicu ban depan dan belakang yang tidak rata. Alhasil, kondisi ini menyebabkan ban motor terasa oleng saat dikendarai.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait