menu
user

Bilbao - Barcelona baru saja mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 3-2. Kemenangan ini lantas melambungkan Los Cules ke posisi tiga besar klasemen LaLiga. Wow!

Barcelona sempat berada dalam tren buruk saat memasuki bulan Desember.  Itu ditandai dengan kekalahan 1-2 dari Cadiz pada 6 Desember yang dilanjutkan kekalahan 0-3 dari Juventus di Liga Champions.

Tekanan kepada Barcelona pun kian besar karena Ronald Koeman sebagai manajer dianggap tidak becus menangani tim saat ini. Tapi, Koeman pelan namun pasti mulai bisa menjawab kritik itu seiring mulai tajamnya Lionel Messi.

Messi rajin mencetak gol lagi yang diiringi enam partai beruntun tanpa terkalahkan, rinciannya empat kemenangan dan dua hasil seri. Periode positif itu dilanjutkan Barcelona saat menyambangi San Mames, Kamis (7/1/2021) dini hari WIB.

Menghadapi Bilbao yang kerap menyulitkan, Barcelona sempat dikejutkan gol cepat Inaki Williams di menit ketiga. Meneruskan umpan terobosan Raul Garcia, Williams dengan cepat menusuk ke kotak penalti dan mengecoh Clement Lenglet, sebelum menembak ke gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Barcelona baru bisa menyamakan skor pada menit ke-14 ketika Pedri menyundul bola umpan dari Frenkie de Jong ke gawang Unai Simon. Tim tamu malah berbalik unggul lagi pada menit ke-38 saat Pedri memberikan umpan tumit kepada Messi, lalu diselesaikan dengan mudah.

Pada babak kedua, Barcelona makin bernafsu menambah gol dan menekan habis Bilbao. Gol ketiga dibuat pada menit ke-62 saat Antoine Griezmann memberikan umpan terukur kepada Messi yang menyelinap ke kotak penalti, dan mudah saja menyepak ke pojok kanan atas gawang.

Bilbao sempat menghidupkan harapan saat Iker Munain mencetak gol di masa injury time. Tapi, hingga akhir laga Barcelona tetap menang dengan skor 3-2 dan naik ke posisi ketiga klasemen dengan 31 poin dari 17 pertandingan, ada selisih lima poin dari Real Madrid di posisi kedua dan tujuh poin dari Atletico Madrid di puncak.

Messi yang tajam lagi kini menguasai puncak top scorer dengan sembilan gol, bareng beberapa pemain seperti  Iago Aspas (Celta Vigo), Luis Suarez (Atletico Madrid) dan Gerard Moreno (Villarreal).

Bisakah Messi terus tajam dan membawa Barcelona kembali dalam persaingan?

Komentar
paper plane