beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Baru Ganti Logo, Begini Sejarah Ancol

Hanisa Sutoyo,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Baru Ganti Logo, Begini Sejarah Ancol
Image: Ancol.com

Jakarta - Ancol jadi tempat bermain yang disukai banyak orang, khususnya warga ibu kota. Taman hiburan yang sudah berdiri sejak 1968 ini dikabarkan baru saja mengubah logonya loh. 

Hal tersebut mengundang sejumlah respons dari netizen nih. Mereka menilai logo lama dengan ikon lumba-lumba terlihat lebih menarik dibanding logo barunya. Logo tersebut juga dinilai sangat melekat dengan Ancol.

Lantas bagaimana sih sejarah Ancol yang sudah puluhan tahun jadi tempat hiburan andalan masyarakat Indonesia?

Sejarah Ancol 

Penamaannya sendiri tidak dipilih secara sembarang, melainkan memiliki makna yang sesuai dengan kondisi geografis di sana.

Nama Ancol memiliki arti tanah yang menjorok ke laut atau tanjung. Hal ini berangkat dari kondisi laut Jawa di Nusantara pada masa penjajahan Belanda.

Sejak awal abad ke-17, Kawasan Ancol telah dilirik oleh Gubernur Hindia Belanda - Adriaan Valckenier, sebagai salah satu destinasi wisata menarik yang berpotensi besar untuk dikembangkan. 

Kemudian, Ancol mendapat perhatian dari Presiden Republik Indonesia (RI) pertama, Soekarno. 

Pada akhir Desember 1965, beliau memerintahkan dan menunjuk Gubernur DKI Jakarta, Soemarno Sosroatmodjo menjadi pelaksana pembangunan dan pengembangan daerah Ancol untuk mengembangkannya menjadi sebuah destinasi wisata.

Proyek pengerjaannya yang berjalan hingga tahun 1968 membuat Taman hiburan ini memiliki sejumlah fasilitas dan wahana bermain, seperti pantai dan taman, Dufan, Atlantis, Ocean Dream Samudra, Marina, dan masih banyak lagi. 

Rute dan Tiket Masuk

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Ancol, selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa memanfaatkan transportasi umum seperti kereta commuter line (KRL) ataupun TransJakarta. 

Jika ingin menggunakan KRL, kamu bisa menentukan tujuan akhir ke Stasiun Kampung Bandan. Sedangkan Transjakarta, kamu bisa berangkat dari sejumlah lokasi, seperti Pulo Gadung, Kampung Melayu, Blok M dll., lalu turun di Halte Ancol.

Nah, harga tiketnya sendiri bermacam-macam nih, Urbanreaders, berikut informasinya:

Harga tiket masuk Ancol - Weekdays

Harga tiket Dufan: Rp 180.000
Harga tiket Seaworld: Rp 80.000
Harga tiket Ocean Dream Samudra: Rp 90.000
Harga tiket Atlantis Water Adventures: Rp 94.000

Harga tiket masuk Ancol - Weekend

Harga tiket Dufan: Rp 250.000
Harga tiket Seaworld: Rp 100.000
Harga tiket Ocean Dream Samudra: Rp 125.000
Harga tiket Atlantis Water Adventures: Rp 140.000

So, tunggu apalagi, Urbanreaders? Yuk, bermain-main di Taman Impian Jaya Ancol!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait